In-depth

Apa Kabar Wanderley Junior, Pemain Naturalisasi Palsu Indonesia yang Kini Tak Laku

Rabu, 15 Maret 2023 02:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Mantan striker klub Uni Emirat Arab Al Nasr, Wanderley Santos Monteiro Junior yang menjadi pemain naturalisasi palsu Indonesia. Copyright: © Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Mantan striker klub Uni Emirat Arab Al Nasr, Wanderley Santos Monteiro Junior yang menjadi pemain naturalisasi palsu Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sosok striker asal Brasil bernama Wanderley Santos Monteiro Junior pernah membuat heboh jagat sepak bola Tanah Air, karena mengaku punya paspor Indonesia.

Wanderley Santos Monteiro Junior atau yang akrab disapa Wanderley Junior sempat ramai pada 2016 silam. Saat itu laman Transfermarkt menambahkan bendera Indonesia di profil kewarganegaraannya.

Anehnya, Wanderley Junior belim sekalipun bermain di kompetisi Indonesia. Namun, sejumlah bukti pada saat itu menunjukkan jika penyerang berdarah Brasil ini memang seorang warga asli dari Tanah Air.

Yang pertama, melalui data dari Wikipedia, di mana klub UEA yakni Al Nasr atau klubya kala itu mencantumkan negara asal Wanderley dari Indonesia.

Kemudian, unggahan akun Twitter sepak bola Uni Emirat Arab @UAEkick mencantumkan foto Wanderley dan bendera Indonesia.

Praktis hal tersebut langsung menggemparkan jagat sepak bola Tanah Air dan banyak para pendukung Timnas mengusut tuntas kasus ini. Mereka berharap jika Wanderley Junior benar berdarah Indonesia bisa memperkuat skuat Garuda.

Namun setelah dilakukan investigasi, Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia menemukan fakta bawah paspor Indonesia milik Wanderley Santos tak pernah terdaftar.

Akhirnya terkuak fakta kalau pemain yang pernah bersaing dengan Ronaldinho saat membela Flamengo di Liga Brasil tersebut telah memalsukan paspor Indonesia agar bisa bermain di Liga Uni Emirat Arab (UEA).

Kala itu memang kompetisi sepak bola UEA hanya memperbolehkan satu klub mengontrak iga pemain asing non-Asia dan satu dari Asia.

Sementara Al Nasr sudah memiliki tiga pemain asing non-Asia. Akan tetapi mereka tetap merekrut sang striker dan mengubah paspornya menjadi Indonesia untuk melengkapi slot pemain dari Asia.

Bahkan, salah satu media asal Uni Emirat Arab, 24.ae, sempat mengulas karier Wanderley Santos Monteiro Junior yang dianggap sebagai orang Indonesia pertama yang berkarier di UEA Arabian Gulf League.