In-depth

Kisah Lee Woon-jae, Kiper Legendaris Korsel Kompatriot Shin Tae-yong yang Putuskan Mualaf

Kamis, 23 Maret 2023 16:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© twitter.com/KORFootballNews
Simak kisah kiper legendaris Korea Selatan, Lee Woon-jae, rekan senegara Shin Tae-young yang memutuskan untuk mualaf. Copyright: © twitter.com/KORFootballNews
Simak kisah kiper legendaris Korea Selatan, Lee Woon-jae, rekan senegara Shin Tae-young yang memutuskan untuk mualaf.

INDOSPORT.COM – Simak kisah kiper legendaris Korea Selatan, Lee Woon-jae, kompatriot Shin Tae-young yang memutuskan untuk mualaf.

Nama Lee Woon-jae tentu jelas merupakan sosok tak asing bagi masyarakat Korea Selatan mengingat dirinya punya andil yang cukup besar di Piala Dunia 2002 silam.

Sekadar informasi, Piala Dunia 2002 ini dihelat di Korea Selatan dan Jepang yang mana untuk pertama kalinya ajang akbar internasional empat tahunan itu diadakan di dua negara.

Selain itu, untuk pertama kalinya juga ada tiga tim yang langsung mendapatkan tempat di penyisihan grup, yaitu Prancis sebagai juara bertahan serta Jepang dan Korea Selatan yang bertindak selaku tuan rumah.

Penggemar sepak bola saat itu pasti tak akan lupa dengan kejutan yang dibuat oleh tim Negeri Ginseng tersebut karena berhasil menembus babak semifinal Piala Dunia 2002.

Tim besutan Guus Hiddink saat itu berhasil membekuk Portugal 2-0 untuk memastikan diri mendapatkan tiket lolos dari Grup D.

Korea Selatan juga membuat kejutan dengan memulangkan Timnas Italia 2-1 melalui perpanjangan waktu pada babak 16 besar.

Korea Selatan pun mampu mengalahkan Spanyol di perempat final dengan menggembuk Timnas Spanyol 5-3 di babak adu penalti.

Melenggangnya Korea Selatan sampai ke semifinal Piala Dunia 2002 ini tentu saja tak lepas dari ketangguhan kiper bernama Lee Woon-jae.

Lantas bagaimana kisah Lee Woon-jae yang menjadi pahlawan bagi Korea Selatan dan akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf?