Bola Internasional

Bukan Israel, Alasan FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia karena Stadion Bermasalah?

Minggu, 2 April 2023 13:09 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Rumor alasan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia bocor ke publik. Dalam tangkapan layar disebutkan penyebabnya bukan soal penolakan Timnas Israel.

Sebelumnya, publik Tanah Air dibuat heboh dengan gelombang penolakan Timnas Israel yang menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20.

Aksi tersebut semakin panas saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut serta menolak kehadiran Israel. Alasannya, kedatangan negeri penjajah bertentangan dengan konstitusi Indonesia.

Selain itu, Gubernur Bali I Wayan Korter juga mengatakan hal senada. Ia sampai menyurati Menpora untuk menentang kehadiran Israel di Pulau Dewata.

Alhasil FIFA pun membatalkan sesi drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret kemarin.

Puncaknya, Federasi Sepakbola Internasional itu mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dalam keterangan resmi, FIFA menyatakan bahwa Indonesia masih belum siap.

Alias, sepakbola Indonesia masih dalam proses transformasi pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 suporter.

Banyak pihak mengaitkan keputusan FIFA tersebut akibat terjadinya gelombang penolakan secara besar-besaran di Indonesia.

Dan alasan gagalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia masih menjadi tanda tanya besar. Terbaru, terkuak penyebab dari keputusan FIFA di atas.

Sebuah akun Twitter @kafiradikalis membagikan sebuah percakapan WhatsApp, (31/3/23) pukul 02.36 WIB, yang membeberkan alasan di balik pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia.