Liga 1

Dengan Kiper ASEAN, Arema FC Genapkan 30 Nama untuk Skuad di Liga 1 2023/2024

Rabu, 12 Juli 2023 18:33 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Pemain Arema FC latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema FC latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC memastikan tidak akan memenuhi komposisi pemain sebagaimana aturan maksimal yang tertera pada regulasi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Pasal 27 Ayat 1 Regulasi menyebutkan, "Klub dapat melakukan pendaftaran pemain sekurang-kurangnya 18 pemain dan paling banyak 35 pemain".

Namun, klub berlogo kepala singa tidak memenuhinya secara maksimal. Arema FC mengindikasikan hanya akan berkekuatan dengan 30 nama saja.

"Jumlah pemain saat ini tampaknya sudah cukup untuk menjalani putaran pertama," ujar Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas kepada INDOSPORT.com, Selasa (11/07/23).

"Mungkin pada putaran kedua nanti jumlah pemain akan maksimal sesuai regulasi. Sambil melihat lini mana yang dievaluasi," sambung dia.

Sejatinya, Arema FC sudah nyaris memenuhi kuota pemain secara maksimal sejauh ini. Sampai pekan ke-2 Liga 1, tim berkekuatan 33 pemain.

Namun, klub menempuh kebijakan dengan melepas 4 pemain mudanya. Satu diantaranya yakni Seiya Da Costa Lay, dilepas karena mengundurkan diri.

Sedangkan Rendra Teddy dipinjamkan ke Deltras FC Sidoarjo, beserta Hamzah Titofani Rivaldi dan Kevin Armedyah yang menuju Sumut FC (Karo United).

Situasi itu lantas membuat skuad Arema FC kembali berkurang. Dari 33 nama kini menjadi 29 nama, 5 diantaranya berstatus pemain asing.

"Komposisi pemain untuk beberapa lini permainan dinilai sudah lebih dari cukup," beber figur yang juga owner klub Liga 3, NZR Sumbersari FC tersebut.

Tunggu Kiper ASEAN

Praktis, penggenapan jumlah pemain mencapai 30 nama kini hanya menyisakan satu pemain asing yang berasal dari Asia Tenggara atau ASEAN.

Pasal 27 Ayat 2 Regulasi juga menjelaskan, "klub memperbolehkan mendaftarkan 5 pemain asing (non WNI) dan 1 pemain asing tambahan (warga negara ASEAN)".

Sementara tim berjulukan Singo Edan baru memiliki 5 pemain asing non WNI. Mereka sudah menjalani debutnya masing-masing dalam 2 pekan awal kompetisi.

Kelimanya adalah Charles Lokoli Ngoy (Australia), Ichaka Diarra (Mali), Ariel Lucero (Argentina) serta Gustavo Almeida dan Charles Raphael (Brasil).

"Jadi dengan tambahan satu pemain asing ASEAN, jumlah pemain di tim ini genap 30 nama," ungkap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas, Selasa (11/07/23).

Pihak klub juga telah menandaskan bahwa posisi pemain ASEAN itu adalah kiper. Wiebie bahkan menyebutkan negara asalnya, dari Thailand.

Kendati demikian, dia belum bersedia menyebutkan inisial nama atau salah satu klub yang pernah diperkuat calon kiper asingnya itu.

"Yang pasti, dia pernah tergabung ke dalam skuad tim nasional di Thailand. Kipernya juga sesuai karakter Arema," pungkas figur yang juga pengusaha ini.

Perekrutan kiper asing juga dimaksudkan untuk melengkapi daftar pemain di posisi itu. Lantaran sejauh ini, Arema FC baru mempunyai 3 kiper yang semuanya lokal.

Teguh Amiruddin sudah bermain dalam 2 laga awal kompetisi. Selain juga Adixi Lenzivio yang direkrut dari PSMS Medan, plus Dicki Agung Setiawan dari Deltras FC.