Liga 1

Carlos Fortes Prioritaskan Kemenangan PSIS Ketimbang Gelar Top Skor Liga 1

Senin, 17 Juli 2023 01:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Carlos Fortes dengan rekan setimnya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Carlos Fortes dengan rekan setimnya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23).

INDOSPORT.COM - Penyerang asal Portugal, Carlos Fortes, memiliki langkah bagus untuk sekali lagi lebih dekat dengan gelar top skor Liga 1. Namun, Fortes tegas dalam memprioritaskan PSIS Semarang meraih kemenangan.

Fortes kembali menjadi bahan pembicaraan. Dua gol ke gawang Persebaya Surabaya di Stadion Jatidiri, Minggu (16/7/23), membuat Fortes sukses mencatatkan tiga gol dalam tiga penampilan di Liga 1 2023-2024.

Dua gol ke gawang Persebaya dicetak lewat penalti menit ke-78 dan menit ke-90+3. Gol kedua itu dicetak atas andil winger Timor Leste, Paulo Gali Fleitas, yang memberi umpan penting kepada Fortes.  

Catatan tiga gol ini sudah menyamai torehan musim lalu. Liga 1 2022-2023 terasa lebih berat bagi Fortes karena sempat pulang ke Portugal untuk memulihkan cedera hamstring. 

Kini, catatan tiga gol membuat Fortes sekali lagi mendekat dalam perburuan gelar top skor Liga 1. Pada kompetisi Liga 2021-2022, Fortes hampir saja menjadi top skor ketika bersama Arema FC.

Fortes mencetak 20 gol dalam 30 penampilan. Sayangnya pada musim itu Fortes harus mengakui keunggulan Ilija Spasojevic yang mencatatkan 23 gol bersama Bali United.

Dengan modal tiga gol dalam tiga pertandingan, Fortes menempel ketat Matheus Pato, Mitsuru Maruoka, Alex Martins dan Bruno Moreira yang juga sudah mencetak tiga gol.

Sementara top skor Liga 1 untuk sementara dipegang Gustavo Almeida dari Arema FC dengan lima gol.

Namun begitu, Carlos Fortes, ternyata tak begitu fokus dengan gelar individu. Jelas, gelar top skor hanya akan memberikan kesenangan pada dirinya sendiri. Ia ingin lebih dari itu pada Liga 1 2023-2024.

"Saya punya ambisi untuk menjadi top skor, tapi jelas bahwa kemenangan tim lebih penting. Kita bermain baik dan percaya pada proses," ucap Carlos Fortes, Minggu (16/7/23) petang. 

Carlos Fortes ibarat punya hutang budi pada PSIS Semarang. Di saat performanya merosot pada musim lalu karena terganggu cedera hamstring, PSIS malah memberi tambahan kontrak pada Fortes.

Tambahan kontrak itu menjadi sikap jelas bahwa PSIS masih sangat percaya pada kemampuan Fortes. Dalam tiga partai awal ini, kepercayaan itu sudah ditebus dengan tiga gol yang berbuah dua kemenangan.

Fortes menyebut kemenangan kedua musim ini memiliki arti penting. Dengan dua kekalahan yang terjadi pada musim lalu, Persebaya lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan.

"Selama sepekan terakhir kita bekerja sangat bagus untuk mempersiapkan diri menuju pertandingan melawan Persebaya. Para pemain bisa bermain dengan disiplin," jelas Fortes.

Setelah ini, PSIS akan menghadapi PSS Sleman pada pekan ketiga Liga 1 2023-2024. Fortes menegaskan tim harus melanjutkan apa yang telah dilakukan PSIS pada pertandingan ini.

"Kami punya mental dan fokus yang bagus," ungkap Fortes.

Dalam laga nanti, Fortes berpotensi didampingi Paulo Gali Fleitas dari sektor kanan. Pasalnya, kondisi Vitinho belum pasti siap untuk melawan PSS karena cedera dalam laga melawan Persebaya.

Pelatih PSIS, Gilbert Agius, akan memantau kebugaran Vitinho dalam beberapa hari kedepan. Partai melawan PSIS akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (21/7/23).

"Dia merasakan sesuatu pada betisnya. Kita akan menunggu hasil pemeriksaan dari tim dokter," jelas Gilbert Agius.

Selain Vitinho, para pemain utama PSIS dalam kondisi siap tempur. Gian Zola yang baru saja mencatatkan debut untuk PSIS berpotensi diturunkan lagi untuk memberi bola-bola matang pada Carlos Fortes.