Liga 1

Nasib Suram Alberto Rodriguez di Persib Efek Ditinggal Penerjemah Luis Milla

Selasa, 18 Juli 2023 18:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin saat mengikuti latihan di stadion Sidolig, Jumat (30/07/23).

INDOSPORT.COM - Nasib suram kemungkinan bakal dirasakan oleh bek Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin, di Liga 1 Indonesia 2023/24 menyusul kepergian penerjemah kesayangan Luis Milla, Bayu Eka Sari.

Sebagai informasi, Bayu Eka Sari memutuskan untuk mundur dari jajaran staf kepelatihan Persib, Selasa (18/7/23), keputusan itu diambil tak lepas dari langkah Luis Milla yang sudah lebih dulu meninggal posisi pelatih skuad Maung Bandung.

Bang Bes sebelumnya direkrut atas rekomendasi Luis Milla, lantaran dia selain memiliki lisensi kepelatihan juga bisa menjadi penerjemah bahasa Spanyol ke Indonesia.

Hal itu, bisa memudahkan tugas Luis Milla di skuad Maung Bandung. Selain itu, Bang Bes juga turut membantu Alberto Rodriguez Martin untuk berkomunikasi dengan pemain maupun staf pelatih Persib lainnnya.

Dengan mundurnya bang Bes sapaan akrabnya dari posisi asisten pelatih, maka Alberto Rodriguez Martin harus berusaha keras untuk komunikasi dengan rekan-rekannya maupun staf pelatih di Persib.

Apalagi, rekan satu timnya di Persib yang juga berasal dari Spanyol, Tyronne del Pino, saat ini sudah berada di negaranya. Karena, mengalami cedera dan sedang menjalani program pemulihan.

Selain itu, sebelumnya saat Luis Milla memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih, diikuti oleh Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez. Mereka, turut mudur dari jajaran staf pelatih Persib

Sehingga, Alberto Rodriguez Martin menjadi satu-satunya pemain asing rekomendasi Luis Milla yang tersisa di tim Persib, untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Luis Milla sendiri, sempat memastikan jika Alberto Rodriguez Martin yang baru direkrut olehnya, akan tetap bermain profesional dengan menampilkan permainan terbaiknya, walupun Persib sudah tidak dilatih lagi olehnya.

"Saya percaya Alberto adalah sosok yang profesional. Jadi siapa pun pelatihnya dia akan tetap tinggal di sini dan tetap berlatih serta bermain dengan baik," tegas Luis Milla saat menyatakan mundur.

Sementara itu, Bang Bes mengungkapkan alasannya memilih mundur dari tim Persib, menurutnya kehadirannya di skuad Maung Bandung merupakan rekomendasi dari Luis Milla.

Sehingga, saat Luis Milla bersama dua asistennya oleh Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez menyatakan mundur, empat hari berselang Bang Bes memutuskan untuk ikut hengkang.

Bang Bes juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena sudah memberikan kepercayaan dan dukungan untuk bergabung dengan tim Persib. 

"Saya didatangkan ke Persib atas rekomendasi Luis Milla. Atas pertimbangan itu, saya memutuskan untuk mundur juga. Terima kasih untuk manajemen Persib yang telah memberikan kepercayaan," kata Bang Bes.

Manajemen Persib sendiri, sebenarnya masih berharap Bang Bes bisa membantu caretaker pelatih Yaya Sunarya yang dipercaya menangani tim untuk sementara di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Meski demikian, Manajemen Persib menghormati keputusan yang diambil Bang Bes untuk mundur dari skuad Maung Bandung menjelang pertandingan pekan keempat kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Selain itu, Manajemen Persib melalui Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengucapkan terima kasih kepada Bang Bes yang sudah memberikan kontribusinya bagi tim kebanggaan Bobotoh. 

"Kami menghormati keputusan dan pilihan Bang Bes. Terima kasih atas segala dedikasinya selama ini," kata Teddy Tjahjono.

Dengan mundurnya Bang Bes dari jajaran staf kepelatihan Persib, maka caretaker pelatih skuad Maung Bandung, Yaya Sunarya, akan dibantu oleh pelatih kiper Luizinho Passos dan asisten pelatih kiper I Made Wirawan.