Liga 1

Persis Solo Pulang ke Stadion Sriwedari di Liga 1 Arema FC Dapat Durian Runtuh

Jumat, 21 Juli 2023 13:21 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stadion Sriwedari Solo jadi opsi utama venue Persis Solo vs Arema FC. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo hampir pasti pulang ke Stadion Sriwedari Solo. Markas pertama tim Laskar Sambernyawa ini akan digunakan untuk menjamu Arema FC pada laga pekan kelima Liga 1 2023-2024, Minggu (30/07/23).

Persis Solo harus memutar otak setelah venue olahraga Stadion Manahan Solo malah digunakan untuk konser musik. Ya, pada Sabtu (29/07/23) nanti, lapangan standar FIFA itu bakal ditutup untuk konser musik Dewa 19.

Alhasil, Persis Solo tak bisa menjamu Arema FC di Manahan. Persis Solo pun melirik opsi Stadion Sriwedari sebagai venue penggantinya.

Status Stadion Sriwedari sebagai venue laga Persis Solo vs Arema FC sudah tercantum di laman resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB). PT LIB memberi lampu hijau karena sudah pernah memverifikasi stadion mewah di era 1930-an tersebut.

Chief Operating Officer (COO) Persis Solo, Kevin Nugroho, belum berani menjamin 100 persen bahwa laga melawan Arema FC bakal berlangsung di Sriwedari.

"Kemungkinan ya mas," singkat Kevin saat hadir di Balaikota Solo, Kamis (20/7/23) sore.

Andai jadi pulang ke markas utama, saksi utama perjuangan meraih tujuh gelar era perserikatan, Persis Solo akan menggelar laga tanpa penonton.

Pasalnya, pemerintah pusat hanya sempat memperbaiki Stadion Sriwedari sesuai standar latihan FIFA. Perbaikan yang awalnya untuk Piala Dunia U-20 2023 tak menyentuh tribun penonton.

Kevin menyebut ada rencana untuk menggelar nonton bareng di beberapa titik di kota Solo. Praktis, Arema FC mendapat keuntungan spesial karena tak akan mendapat tekanan dari suporter tuan rumah secara langsung.

"Tidak ada penonton. Nanti nontonnya dari tempat-tempat lain saja. Kan ada banyak nonbar itu. Biar liganya tetap jalan, biar aman. Doain menang," ungkap Kevin.

Didukung Walikota Solo

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, turut mengamini rencana menggelar nonton bareng di beberapa titik. Saat Persis Solo away ke markas PSS Sleman, Pemkot Solo menggelar nonton bareng di depan Balaikota menggunakan Videotron Bank BNI.

Ada kemungkinan nonton bareng di tempat yang sama bakal digelar lagi. Gibran menyadari adanya kekecewaan dari suporter ketika pertandingan digelar tanpa penonton.

"Nanti kami atur untuk teman-teman pencinta Persis Solo biar tidak kecewa karena besok itu tanpa penonton," ucap Gibran.

Ketika ditanya pola pengamanan agar suporter tak nekat memenuhi sekitaran Stadion Sriwedari, termasuk penjagaan beberapa lokasi nonton bareng, Gibran belum bisa memberikan jawaban.

"Nanti dengan Pak Kapolres ya," singkat Gibran.

Persis Solo akan membuat pengumuman resmi setelah laga tandang melawan Madura United, Minggu (23/07/23). Rombongan bakal bertolak ke Madura via jalur darat pada Jumat (21/07/23).

Laskar Sambernyawa mengusung target membawa pulang tiga poin dari Madura. Pada Liga 1 2022-2023, target tiga poin tercapai setelah Persis Solo menang atas Madura United 3-2 di Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan.

Alexis Messidoro yang menjadi aktor utama kemenangan musim lalu masih ada di tim Persis Solo. Kala itu, Messidoro mencetak gol lewat tendangan bebas pada detik-detik akhir pertandingan.