Liga 1

Taisei Marukawa dan Istri Makin Lancar Bahasa Indonesia, Siap Naturalisasi?

Selasa, 1 Agustus 2023 22:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Instagram @miu_mar10
Taisei Marukawa dan sang istri, Miu Marukawa mengenakan jersey PSIS Semarang (Foto: IG @miu_mar10) Copyright: © Instagram @miu_mar10
Taisei Marukawa dan sang istri, Miu Marukawa mengenakan jersey PSIS Semarang (Foto: IG @miu_mar10)

INDOSPORT.COM - Taisei Marukawa dan istri, Miu Marukawa semakin lancar saat menggunakan Bahasa Indonesia, apakah mereka siap naturalisasi menjadi WNI?

Taisei Marukawa merupakan pesepak bola asal Jepang yang bermain untuk klub Liga 1 PSIS Semarang. Sebelumnya ia juga sempat berkarier di Persebaya Surabaya.

Di lapangan hijau, Taisei Marukawa dikenal sebagai winger yang spartan dan memiliki kontribusi besar dalam mencetak gol atau assist bagi rekan-rekannya.

Bahkan saat musim pertama bersama Persebaya Surabaya, Marukawa langsung dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1 2021/2022.

Namun di luar lapangan, Marukawa awalnya memang lebih tertutup. Baru-baru ini ia mulai mengungkap kehidupannya, dan ternyata penggawa PSIS itu sudah menikah.

Taisei Marukawa mengenalkan sang istri, Miu Marukawa di hadapan pendukung PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Juni lalu, saat laga pramusim PSIS melawan Phnom Penh Kamboja.

"Saya menikah dengan Miu Marukawa. Terima kasih atas suasana yang luar biasa. Mari kita lakukan yang terbaik untuk musim ini," tulis Taisei Marukawa lewat Instagram.

Namun, berdasarkan penuturan sang istri, Miu Marukawa, mereka sudah menikah di Jepang pada bulan April 2023 lalu.

Semenjak menikah dengan Marukawa, Miu juga mulai aktif di media sosial. Keduanya kerap menggunakan bahasa Indonesia di caption, sehingga diduga ingin naturalisasi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MIU (@miu_mar10)

Ada satu momen di mana Miu Marukawa mengaku ingin belajar bahasa Indonesia, mengingat sang suami, Taisei Marukawa mantap berkarier di Tanah Air.

"Kemarin adalah pengalaman spesial bagi saya. Terima kasih pada semua orang PSIS yang mendukung suami saya," ungkap Miu selepas laga kontra Phnom Penh Kamboja.

"Mulai sekarang, kami menantikan dukungan Anda yang berkelanjutan. Saya akan bekerja keras untuk belajar bahasa Indonesia," tulis Miu melalui Instagram Story.

Meski baru beberapa pekan tinggal di Indonesia mengikuti sang suami, tapi Miu Marukawa juga mengaku terpukau dengan sepak bola Tanah Air.

Animo suporter PSIS Semarang yang luar biasa di Stadion Jatidiri, membuat Miu ikut bersemangat mendukung klub yang identik dengan warna biru tersebut.

"Sepak bola Indonesia memang hebat! Terima kasih telah menunjukkan kepada saya dunia yang indah," ungkap Miu dengan menggunakan bahasa Indonesia.

"Saya merasa seperti maju cepat karena kaki saya terlalu cepat," tulis Miu dengan menambahkan emoji tertawa.

Namun, sejauh ini baik Taisei Marukawa maupun Miu belum membahas tentang kemungkinan naturalisasi menjadi WNI.

Pasalnya, ada aturan khusus bagi orang asing yang ingin naturalisasi, tetapi tidak memiliki garis keturunan Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan UU No 12 tahun 2006, salah satu syarat naturalisasi adalah sudah bertempat tinggal di Indonesia paling singkat 5 tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut.

Masih terlalu cepat bagi Marukawa untuk naturalisasi, apalagi ia baru tinggal di Indonesia sejak tahun 2021, bahkan sempat melakukan perjalanan pulkam ke Jepang.