Liga 1

Madura United vs PSIS: Beto Goncalves Persembahkan Gol untuk Sang Ibu

Sabtu, 5 Agustus 2023 23:10 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Madura United
Alberto Goncalves Da Costa sangat emosional setelah menjadi penentu kemenangan Madura United 1-0 di Liga 1 2023/2024 atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bangkalan. Copyright: © MO Madura United
Alberto Goncalves Da Costa sangat emosional setelah menjadi penentu kemenangan Madura United 1-0 di Liga 1 2023/2024 atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bangkalan.

INDOSPORT.COM - Alberto Goncalves Da Costa sangat emosional setelah menjadi penentu kemenangan Madura United 1-0 di Liga 1 2023/2024 atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (5/8/23).

Di tengah kebuntuan Madura United, Beto lantas jadi pemecahnya. Bagaimana tidak, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan anak asuh Mauricio Souza mampu dimentahkan lini pertahanan PSIS.

Ya, striker naturalisasi asal Brasil ini mampu menjadi penentu skor akhir tim berjulukan Laskar Sape Kerrab saat heading akuratnya pada menit 81 meneruskan crossing Francisco Rivera menjadi gol.

Madura United pun sukses mencapai target meraih poin penuh di markasnya. Lebih dari 4 ribu suporter melakukan selebrasi atas gol yang dibukukan striker berusia 42 tahun itu.

"Tentu senang sekali bisa membantu tim meraih kemenangan. Apalagi, saya juga jarang bermain untuk tim," tutur Beto saat mendampingi Mauricio Souza dalam post-match press conferrence.

Beto memang kembali tak memulai laga sebagai starter. Dia baru turun pada menit 51, ketika Brandao Junior harus ditarik keluar lapangan akibat mengalami cedera.

Namun, Beto merendah dengan menyebut bahwa kemenangan ini juga atas kerja keras rekan setimnya. Meski harus diakui, dia lah pahlawan Madura United melawan PSIS.

"Saya kalau tidak ada teman-teman juga tidak bisa banyak membantu tim. Kemenangan ini berkat kerja keras dari menit awal sampai akhir," beber eks strker Sriwijaya FC tersebut.

Kemenangan atas tim berjulukan Mahesa Jenar lantas mengantar Madura United memuncaki klasemen Liga 1 untuk pertama kalinya pada musim 2022/2023.

Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk kini memimpin klasemen Liga 1 dengan 12 poin, hasil 4 kali kemenangan, 1 kali imbang dan 1 kalah dalam 6 pertandingan kompetisi.

Beto pun memaparkan alasan mengapa dia begitu emosional dalam menyambut gol kemenangan Madura United pada menit 81 ke gawang PSIS Semarang, Sabtu (5/8/23).

Terlebih, itu juga menjadi gol pertamanya untuk Tim Laskar Sape Kerrab setelah berlaga selama 4 laga di kompetisi musim ini. Sedangkan musim lalu, dia mencetak 10 gol dan 4 assist.

"Di lapangan, saya melakukan selebrasi penuh emosi karena kita harus kerja keras dan profesional untuk tim," Beto menerangkan.

"Tapi di hati saya sedih, karena saya sangat rindu dengan ibu saya dan juga kampung di Brasil. Sudah dua tahun saya tidak pulang," imbuh dia.

Secara khusus, Beto Goncalves pun mempersembahkan gol emosional itu untuk sang ibu yang baru saja berulang tahun. Ini sekaligus mengingatkannya akan kampung halamannya.

"Ibu saya baru ulang tahun tanggal 4 (Agustus) kemarin, gol ini untuk ibu di Brasil. Dia berusia 63 tahun," tambah striker yang pernah membela Arema Cronus itu.

Ungkapan emosinya itu lantas dikemukakan Beto melalui sederet kalimat dalam Bahasa Portugis dalam kesempatan post-match press conferrence di hadapan awak media.

"Biar ibu saya menonton ungkapan hati ini. Saya katakan, bahwa saya sangat cinta dan rindu bersama dia di Brasil," pungkas striker Timnas Indonesia saat Asian Games 2018 tersebut.