Liga 1

Imbangi Bali United Jadi Bukti Semua Pemain Persik Kediri Punya Peran Penting

Senin, 7 Agustus 2023 23:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© MO Persik Kediri
Pertandingan Liga 1 2023-2024 antara Bali United vs Persik Kediri Copyright: © MO Persik Kediri
Pertandingan Liga 1 2023-2024 antara Bali United vs Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Persik Kediri akhirnya sukses memaksimalkan secuil peluang untuk meraih poin dalam saat menantang Bali United pada laga away pekan ke-6 Liga 1 2023/2024.

Persik Kediri melanjutkan kejutann selepas mengalahkan PSM Makassar 2-1 di Stadion Gelora B.J Habibie Parepare pada Kamis (03/08/23) lalu.

Padahal, Persik Kediri sudah diambang rasa frustasi karena tertinggal sejak menit 41 lewat gol Eber Bessa. Namun, ada unsur gambling yang kemudian dilakukan Marcelo Rospide.

"Dalam posisi tertinggal, opsi terbaik kami adalah semakin meningkatkan daya serang," ujar Pelatih Persik Kediri tersebut dalam post-match press conferrence.

"Saya berekspektasi bahwa pemain dari bench akan merubah jalannya laga. Karena itu saya menurunkan Faris (Aditama), Khanafi, Fitra (Ridwan) dan (Feri) Pahabol," imbuh dia.

Dikatakan gambling, karena dengan turunnya empat pemain itu, maka striker berkarakter target man seperti Jefinho maupun Flavio Silva pun menepi.
 
Namun, gambling yang dilakukan pelatih asal Brasil itu membuat sektor pertahanan membuat kesalahan dalam mengantisipasi serangan bertubi-tubi Persik.

Pelanggaran Elias Dolah kepada Khanafi, berujung penalti. Yohanes Ferinando Pahabol lantas menuntaskan tugasnya dengan baik pada menit 92.

Hasil ini pun membuktikan bahwa semua pemain di Tim Macan Putih punya peran sama pentingnya. Entah mereka turun sebagai starter atau dari bangku cadangan.

"Harapan saya memang demikian. Meski turun sebagai pengganti, tapi para pemain bisa merubah jalannya pertandingan dan merubah hasil," tandas dia.

Misi Bangkit Tercapai

Hasil imbang 1-1 di markas Bali United Senin (7/8/23) pun menegaskan bahwa misi bangkit Persik Kediri memang tak main-main.

Sebelumnya, mereka bahkan sukses menundukkan PSM Makassar di Parepare dengan skor 2-1 Kamis (3/8/23). Dua laga itu menghasilkan 4 poin.

"Kami memang tidak menang melawan Bali United. Tapi kami juga tidak kalah. Sehingga, saya cukup gembira menyambut hasil ini," Marcelo Rospide mengungkapkan.

Menjalani 2 away tak terkalahkan sekaligus menjadi obat mujarab atas hasil pahit yang dialami Persik sebelumnya, yakni ketika kalah dalam 2 laga beruntun.

Selepas mengalahkan Arema FC 5-2 (15/7/23), Tim Macan Putih lalu kalah 0-3 melawan Dewa United (21/7/23) dan 1-2 menjamu Persib Bandung (28/7/23).

"Ini juga membuktikan, bahwa grup ini semakin kuat. Situasi inilah yang membuat kami antusias dalam menatap laga selanjutnya," imbuh Pelatih Persik Kediri tersebut.

Tambahan 4 poin dari 2 kali away menempatkan Persik Kediri di papan tengah. Mereka kini berada di peringkat 12 klasemen Liga 1 dengan 8 poin.

Sedangkan jadwal selanjutnya, Persik akan kembali berlaga di home. Yaitu menjamu Persis Solo di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (12/8/23).