Liga Indonesia

Jelang Liga 2 Persikab Resmi Rekrut Eks Timnas Uzbekistan U-23

Kamis, 10 Agustus 2023 01:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Uji coba Persikab Kabupaten Bandung mengahadapi Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (29/06/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Uji coba Persikab Kabupaten Bandung mengahadapi Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (29/06/22).

INDOSPORT.COM - Persikab Bandung resmi merekrut pemain asing asal Uzbekistan, Azamat Abdullaev, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 2023-2024 yang akan bergulir pada September 2023 mendatang.

Menurut Presiden klub Persikab Bandung, Eddy Moelyo, Azamat Abdullaev merupakan pemain yang sempat memperkuat Timnas Uzbekistan U-23. 

Selain itu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut menurut Eddy Moelyo, sudah bergabung dengan Persikab sejak akhir Juli 2023 lalu.

Bahkan, Azamat Abdullaev sudah ikut pemusatan latihan atau Training Center (TC) bersama tim berjuluk Laskar Dalem Bandung di Pangandaran pekan lalu.

Sebagai informasi, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 2 musim 2023-2024, pada pekan lalu Persikab menggelar pemusatan latihan selama sepekan di Pangandaran.

"Iya asing kita kapten Timnas Uzbekistan, bagus dia sudah gabung tim tanggal 26 landing di Jakarta, langsung ikut TC," kata Eddy Moelyo kepada INDOSPORT.

Eddy menilai Azamat Abdullaev merupakan pemain pekerja keras, pasalnya dia memiliki motivasiyang tinggi, ditambah lagi pemain berusia 29 tahun tersebut selalu menambah porsi latihan diluar progam tim.

"Etos kerjanya bagus, nambah porsi latihan sendiri di gym. Kelihatannya pekerjaan keras," jelasnya.

Sebelum bergabung dengan Persikab, Azamat Abdullaev bermain untuk Shurtan Guzar di Uzbekistan Pro Liga, bersama tim tersebut dia tampil dalam lima pertandingan di berbagai kejuaraan.

Selain itu, Azamat Abdullaev juga sempat bermain di Kyrgyz Premier League bersama Neftchi Kochkor-Ata 2019-2022, bersama tim ini dia mendapatkan kesempatan bermain 67 pertandingan di berbagai kejuaraan dan mengoleksi 8 gol.

Bergabung Azamat Abdullaev ke Persikab Bandung, tak lepas dari adanya aturan atau regulasi terkait kuota pemain asing di kompetisi Liga 2 musim 2023-2024.

Sebagai informasi, sebelumnyausai menggelar Owner Metting klub-klub Liga 2023-2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus membeberkan beberapa hasil pertemuan.

Hasil pertemuan tersebut, di antaranya memastikan bahwa Liga 2 2023-2024 akan segera kick off pada bulan September mendatang, selain itu nantinya di Liga 2 juga akan menggunakan dua pemain asing.

Selain Persikab, beberapa tim peserta kompetisi Liga 2 2023-2024, sudah banyak yang mendatang pemain asing untuk memenuhi kuota tersebut.

Klub peserta Liga 2 lainnya yang sudah mendatangkan pemain asing, untuk persiapan menghadapi kompetisi di antaranya FC Bekasi City yang merekrut Ezechiel N'Douassel, striker eks Persib Bandung.

Kemudian Persiba Balikpapan telah melengkapi kuota pemain asing. Ada dua nama yang diperkenalkan pekan lalu, yang berasal Brasil dan Iran.

Untuk posisi striker ditempati oleh Luiz Junior dari Brasil. Sedangkan gelandang dihuni oleh Ali Nouri dari Iran yang mengisi slot pemain Asia. 

Sedangkan Sriwijaya FC, mendatangkan pemain timnas Bhutan Chencho Gyeltshen dan Kervens Belfort merupakan striker berusia 31 tahun asal Haiti dan sudah torehkan 37 caps bersama skuat senior The Grenadiers.

Prestasi individu Kervens Belfort pun bukan kaleng-kaleng. Pada tahun 2014 lalu, dirinya berhasil menyabet gelar top skor Caribbean Cup atau ajang Piala AFF benua Karibia.