Liga 1

PSIS Diperkuat 3 Pilar Pentingnya Lagi Saat Bertandang ke Markas Dewa United

Sabtu, 12 Agustus 2023 16:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Instagram@psisfcofficial
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana dengan rekan setimnya, Gali Freitas usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pekan ketujuh laga liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Rabu (09/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana dengan rekan setimnya, Gali Freitas usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pekan ketujuh laga liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Rabu (09/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang memboyong 21 pemain dalam lawatan ke Tangerang. Tiga pilar penting sudah bisa diandalkan melawan Dewa United pada laga pekan kedelapan Liga 1 2023-2024, Senin (14/8/23).

PSIS memiliki modal bagus menuju laga melawan Dewa United di Indomilk Arena. PSIS baru saja mengakhiri rentetan tiga laga tanpa kemenangan.

Raihan tiga poin berkat keberhasilan menghajar Arema FC 2-0 menjadi semangat untuk melanjutkan tren positif. Semangat ini bertambah karena tiga pilar penting sudah kembali.

Dalam daftar 21 pemain yang dirilis PSIS, ada nama Fredyan Wahyu Sugiantoro, Carlos Fortes dan Wawan Febriyanto. Ketiganya sudah kembali setelah absen dalam tiga partai terakhir.

Carlos Fortes menyelesaikan hukuman dari komite disiplin PSSI. Sementara Fredyan dan Wawan menyelesaikan tugas bersama PS Angkatan Darat di Piala Panglima 2023.

Tiga pilar ini dibutuhkan untuk mengobrak-abrik pertahanan Dewa United. Tim tuan rumah belum pernah kebobolan dalam ketika bermain di kandangnya.

"Fortes sudah terlepas dari sanksi, Ucil (Fredyan Wahyu) dan Wawan juga sudah kembali setelah Piala Panglima. Tentu ini bagus ya," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Sabtu (12/8/23).

Yoyok Sukawi tegas soal target curi poin di markas Dewa United. PSIS dalam semangat tinggi untuk mengakhiri rekor baik Dewa United di Indomilk Arena.

"Menghadapi Dewa United yang memiliki kualitas cukup bagus, kami tetap targetkan tiga poin, karena sekarang persaingan sangat ketat sehingga sedikit tergelincir bisa bahaya," tutur Yoyok Sukawi.

Kemungkinan besar Fredyan dan Fortes langsung masuk dalam starting eleven. Sementara Wawan Febriyanto menjadi opsi ketika Fortes atau Paulo Gali Freitas mengalami kebuntuan.

Fredyan dibutuhkan untuk mengatasi serangan sektor kiri Dewa United yang mengandalkan Majed Osman. Sementara ketajaman Fortes diharapkan terus berlanjut di Liga 1 2023-2024.

"Semoga anak-anak pemain bisa menjalankan instruksi pelatih dengan baik dan mendapatkan poin sempurna," papar Yoyok Sukawi.

Tiga Pilar Absen

Hanya saja, dalam pertandingan melawan Dewa United, PSIS tak bisa menurunkan Adi Satryo dan Alfeandra Dewangga. Padahal, keduanya merupakan pilar tak tergantikan dalam tujuh laga.

Adi Satryo dan Dewangga mendapat pemanggilan dari Timnas Indonesia U-23. Indonesia akan bertemu Malaysia dan Timor Leste pada fase grup Piala AFF U-23 2023.

Sebagai pengganti Adi Satryo, PSIS menyiapkan Syaiful Syamsuddin dan Rizky Darmawan. Satu dari dua nama tersebut akan melakoni debut di Liga 1 bersama PSIS.

"Penjaga gawang yang kami memiliki memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Syaiful dan Rizky juga kerja keras di latihan," jelas pelatih kiper PSIS, I Komang Putra.

Sementara untuk pos gelandang bertahan pengganti Dewangga, ada sosok Luthfi Kamal dan Delvin Rumbino. Gilbert Agius tinggal memilih satu nama sebagai tandem Boubakary Diarra dalam formasi 4-2-3-1.

Satu nama penting yang juga absen adalah Vitinho. Gelandang sayap kanan asal Brasil ini sudah absen dalam empat pertandingan karena cedera betis.

Absennya Vitinho tak begitu jadi masalah dengan keberadaan Gali Freitas dan Wawan Febriyanto. Gali cukup moncer dalam debutnya di Liga 1 2023-2024 dengan catatan dua gol dan dua assist.

Kemenangan bisa membuat PSIS bersaing di papan atas klasemen sementara Liga 1. Saat ini, PSIS dan Dewa United sama-sama mengoleksi 11 poin serta berada di peringkat enam dan tujuh.