Liga 1

Tanpa Pemain "Termahal" Asia Tenggara di Markas Persik, PSIS Pede Datang H-1 Pertandingan

Kamis, 24 Agustus 2023 22:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Instagram@psisfcofficial
Penyerang PSIS, Taisei Marukawa dan gelandang Boubakary Diarra saat melawan Dewa United pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Senin (14/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial) Copyright: © Instagram@psisfcofficial
Penyerang PSIS, Taisei Marukawa dan gelandang Boubakary Diarra saat melawan Dewa United pada pekan ketujuh laga Liga 1 di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Senin (14/08/23). (Foto: Instagram@psisfcofficial)

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang percaya diri di markas Persik Kediri dengan datang mepet pertandingan pekan kesepuluh Liga 1 2023-2024. PSIS yakin bisa meriah poin di Stadion Brawijaya Kediri, Jumat (25/8/23), meski tanpa Paulo Gali Freitas.

Paulo Gali Freitas menjadi bintang PSIS pada musim ini. Dari sembilan penampilan di Liga 1, Gali Freitas sudah mencatatkan empat gol dan empat assist.

Lantaran performa gemilang dan usia yang baru 18 tahun, PSIS menjadikan Gali Freitas sebagai pemain termahal Asia Tenggara. Ia memagari Gali Freitas dengan angka 5 Juta Dollar AS atau Rp76 Miliar.

Namun, pada lawatan kali ini, Gali Freitas dipastikan absen. Kartu kuning dalam laga melawan Persib Bandung menjadi yang keempat musim ini hingga dia harus absen satu pertandingan.

Meski begitu, PSIS terlihat percaya diri menuju Kediri. Bahkan, rombongan tim PSIS baru tiba di Kediri pada Kamis (24/8/23) pukul 12.30 WIB alias H-1 pertandingan.

Manajer PSIS, Eko Purdjianto, menjelaskan keputusan untuk datang mepet waktu official training. PSIS tak mau terburu-buru ke Kediri karena perjalanan darat terbilang cukup dekat.

"Kita lihat perjalanan hanya tiga sampai empat jam. Jadi, kita ambil latihan di Semarang kemarin. Ini pemain sudah istirahat setelah datang jam 12.30 WIB dan sekarang bisa official training," kata Eko Purdjianto, Kamis (24/8/23) petang.

PSIS boleh percaya diri karena punya rekor bagus tiap bertemu Persik Kediri di Liga 1. Dalam empat pertemuan, PSIS menang tiga kali dan satu laga lain berakhir imbang.

Namun, pelatih PSIS, Gilbert Agius, melihat potensi sulit dari laga ini. Persik Kediri menjadi tim yang sangat kuat saat bermain di Stadion Brawijaya Kediri.

Dalam laga kandang terakhirnya, Persik bisa membuat Persis Solo mati kutu. Rohit Chand dkk. menang 2-0. Makanya, Gilbert Agius menegaskan PSIS harus waspada.

"Saya memprediksi ini akan menjadi laga yang sulit. Persik merupakan tim yang kuat, sangat agresif dan saat di kandang mereka sangat bagus. Kami mempersiapkan tim untuk laga yang sulit ini," tutur Gilbert Agius.

Gilbert Agius juga tak terlalu mempermasalahkan ketika beberapa nama absen. Menurutnya, PSIS punya banyak pemain yang siap main.

Wawan Febriyanto kemungkinan menjadi opsi pengganti Gali Freitas. Selain itu, PSIS punya Septian David Maulana yang bisa bermain di sayap, dengan opsi memainkan Gian Zola sebagai gelandang serang.

Sementara untuk pengganti Muhammad Adi Satryo di bawah mistar, ada nama Rizky Darmawan. Gilbert Agius mengungkit performa bagus Rizky saat bersua Dewa United.

"Kita berikan kesempatan pada pemain yang belum bermain, salah satunya Rizky. Rizky main bagus saat melawan Dewa. Sekarang dia bisa bermain melawan Persik," ungkap Gilbert Agius.

PSIS menginginkan tiga poin dalam lawatan kali ini. Tambahan tiga poin menjadi pengganti poin yang hilang setelah kekalahan 1-2 atas Persib Bandung di kandang sendiri.

Tekad ini ditegaskan kiper PSIS, Rizky Darmawan. Meski baru tiba di Kediri pada Kamis siang, para pemain dalam kondisi siap tempur pada Jumat sore.

"Kita punya misi untuk bangkit agar tetap berada di papan atas," tegas Rizky Darmawan.

Pertandingan pekan kesepuluh Liga 1 2023-2024 antara Persik Kediri vs PSIS Semarang akan disiarkan via live streaming di aplikasi Vidio. Selain itu, laga ini juga akan ditayangkan dalam live delay di Indosiar pada Minggu (27/8/23) pukul 15.00 WIB.