Timnas Indonesia

Kalahkan Thailand di Piala AFF, Kurniawan Dwi Yulianto Apresiasi Mental Timnas U-23

Jumat, 25 Agustus 2023 21:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23 atas gol kedua ke gawang Thailand U-23 yang dicetak oleh Muhammad Ferrari pada laga babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/08/23). Copyright: © PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23 atas gol kedua ke gawang Thailand U-23 yang dicetak oleh Muhammad Ferrari pada laga babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/08/23).

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Indonesia, Kurniawa Dwi Julianto mengapresiasi besar kemenangan 3-1 Timnas Indonesia U-23 atas Thailand di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Baginya menghadapi Thailand di negara sendiri adalah hal tersulit.

Bukan tanpa alasan sebab memang selama 38 tahun terakhir Indonesia tak pernah menang ketika melawat ke kandang Thailand.

Catatan manis Timnas Indonesia mampu menang di Negeri Gajah Putih pada 1985. Namun, pada laga semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/08/23), tim U-23 Indonesia sukses menuntaskan penantian sejarah dengan mengalahkan Thailand 3-1.

Salah satu legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Julianto pernah merasakan sulitnya main di kandang Thailand. Pemain yang kerap disapa Si Kurus pernah membela Timnas menghadapi Thailand di markasnya pada Piala Tiger 2000.

Saat itu Indonesia dua kali bersua Thailand di putaran grup dan final. Dalam dua laga itu, Timnas takluk dengan skor identik 1-4.

Kurniawan menyadari beban sulit yang dipikul Timnas U-23 ketika menghadapi Thailand di kandangnya. Apalagi Timnas tak bisa diperkuat tim utama. Oleh karena itu, Kurniawan angkat topi atas keberhasilan mengalahkan Thailand.

"Selamat atas kemenangan semalam. Yang patut diapresiasikan adalah winning mentality dan fighting spirit para pemain ketika bermain away di manapun, artinya mereka tetep bisa fokus dengan segala tekanan baik dari siri sendiri, tim lawan maupun suporter lawan," ujar Kurniawan.

Kurniawan berharap agar Timnas bisa tampil optimal pada babak final. Melawan Vietnam menjadi ujian yang tak kalah berat. Ini mengingat kualitas sepak bola Vietnam yang sudah mampu bersaing di level Asia.

"Semoga Timnas bisa juara," harap Kurniawan.

Sementara itu, Pengamat sepak bola Akmal Maharli menyebut kemenangan atas Thailand di kandang lawan adalah pencapaian bersejarah.

"Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun. Saat itu di tahun 1985 saat Pra Piala Dunia 86, Lewat Gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0," ujar Akmal Marhali.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 akan bakal menghadapi Vietnam di babak final Piala AFF U-23 2023. Laga imi dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (26/08/23) mulai pukul 20:00 WIB.