Liga 1

Fernando Valente Belum Nongol Press Conference Arema FC, Lisensi Bermasalah?

Senin, 28 Agustus 2023 11:36 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Arema FC
Arema FC disinyalir belum bisa menampilkan Fernando Valente secara langsung dari bench, saat menghadapi Persikabo 1973 pada pekan ke-10 Liga 1, Senin (28/08/23) (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Arema FC disinyalir belum bisa menampilkan Fernando Valente secara langsung dari bench, saat menghadapi Persikabo 1973 pada pekan ke-10 Liga 1, Senin (28/08/23) (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC disinyalir belum bisa menampilkan Fernando Valente secara langsung dari bench, saat menghadapi Persikabo 1973 pada pekan ke-10 Liga 1, Senin (28/08/23).

Indikasinya tercermin saat pelatih kebangsaan Portugal berusia 64 tahun itu belum bisa menghadiri sesi pre-match press conferrence Arema FC di Bali, Minggu (27/08/23).

Sesi memberikan keterangan resmi kepada awak media masih dihadiri oleh Kuncoro selaku pelatih caretaker beserta Syaeful Arif sebagai pemain.

General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi langsung menjawab perihal situasi ini. Versi klub, pendaftaran Fernando Valente sebagai pelatih baru masih dalam proses.

"Iya, memang ada berkas yang belum beres. Maka dari itu, dia masih belum bisa mengikuti agenda resmi LIB," beber Yusrinal kepada INDOSPORT.COM

Lantas, apakah ini mengindikasikan bahwa lisensi kepelatihan Fernando Valente masih bermasalah saat didaftarkan Arema FC sebagai head coach?

"Tidak ada masalah untuk lisensi. Karena dia sudah mengantongi UEFA Pro. Bahkan punya sertifikat Euro Linguistik, semacam sertifikat psikologi," sambung dia.

Sebagaimana diketahui, klub berlogo kepala singa meresmikan status Fernando Valente sebagai head coach baru saat sesi latihan di Malang, Rabu (23/08/23) lalu.

Ayah playmaker Persebaya Surabaya, Ze Valente, itu menggantikan tugas yang dulunya diemban duet pelatih Joko Susilo dan I Putu Gede yang sudah mundur.

Debutnya sudah direncanakan ketika Arema FC menjamu Persikabo 1973 pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (28/08/23).

Sah Jelang Kick-Off

Arema FC pun kini dibuat cemas dalam menunggu bagaimana proses pengesahan Fernando Valente yang memang tengah berjalan.

Jika tak juga resmi pada Senin (28/08/23), maka bisa dipastikan Fernando Valente tidak akan memimpin tim dari bench saat Arema FC melawan Persikabo.

Namun jika surat-surat dalam administrasinya beres, bukan tidak mungkin status Fernando Valente akan disahkan pada detik-detik jelang kick-off laga.

"Minggu ini sedang dalam proses. Mudah-mudahan segera beres," ujar General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi kepada INDSOPORT.COM.

Optimisme serupa juga dikemukakan manajer tim, Wiebie Dwi Andriyas. Menurut dia, seluruh berkas administrasi Fernando Valente sejatinya tak bermasalah.

Namun karena proses transfer dalam lingkup internasional, maka ada sejumlah berkas yang mesti mengikuti waktu kerja di luar negeri.

"Masih menunggu pengesahan dari FIFA (federasi sepak bola dunia). Kan ada selisih waktu di (federasi sepak bola) Portugal sana dan FIFA," beber Wiebie.

"Kami optimis Minggu malam ini sudah beres semua, agar pelatih langsung memimpin tim di pertandingan," ujar General Manager Arema FC.