Liga 1

Reaksi Bagus Kahfi Usai Masuk Nominasi Assist Terbaik Liga 1 dan Bawa Barito Meroket

Selasa, 5 September 2023 13:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @psbaritoputeraofficial
Pemain Barito Putera, Rizky Pora dan Bagus Kahfi (Foto: Instagram @psbaritoputeraofficial) Copyright: © Instagram @psbaritoputeraofficial
Pemain Barito Putera, Rizky Pora dan Bagus Kahfi (Foto: Instagram @psbaritoputeraofficial)

INDOSPORT.COM - Reaksi Bagus Kahfi usai bikin assist cantik di BRI Liga 1 2023/2024, dan membawa Barito Putera menang atas Persis Solo di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Bagus Kahfi mencatatkan assist untuk gol Makan Konate di babak pertama, Minggu (03/09/23). Skor akhir 2-0 untuk kemenangan Barito Putera, membawa tim naik ke papan atas.

Tepat pada menit ke-15, Bagus Kahfi menguasa bola dan dikawal oleh pemain bertahan Persis Solo. Tak pikir lama, ia pun mengirim umpan lambung ke kotak penalti.

Makan Konate langsung berlari cepat sambil melompat tinggi, ia pun menyundul bola yang tak bisa dibendung kiper Pancar Widiastono.

Penampilan ciamik Bagus Kahfi membuatnya masuk dalam nominasi best assist of the week pekan ke-11 Liga 1, bersanding dengan Dedik Setiawan dan Arief Catur.

Pencapaian ini juga menjadi pembuktian bagi Bagus Kahfi bahwa ia bisa bersaing di Liga 1, setelah sebelumnya sempat menepi cukup lama karena tak terpakai di klub Eropa.

Penampilan ciamik Bagus Kahfi mendapatkan pujian dari manajer Barito Putera, Firman Dida Hasnuryadi. Ia menyebut sang wonderkid telah kembali.

"Sang wonderkid telah kembali untuk membuktikan dirinya sekali lagi. Musim yang akan selalu diingat. Terbaik Adiks," ungkap Firman Dida, menyebut panggilan Bagus.

"Slowly but surely Bos," balas Bagus Kahfi, yang berarti perlahan tapi pasti.

Sayangnya, Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa tidak dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 yang akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 bersama pelatih Shin Tae-yong.

Nasib Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa

Bagus Kahfi yang baru musim ini bermain di Liga 1 bersama Barito Putera, tidak masuk dalam radar Shin Tae-yong untuk mengisi lini serang Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Sebelumnya, Bagus Kahfi tercatat sebagai pemain FC Utrecht di kasta kedua Liga Belanda, lalu hijrah ke Asteras Tripolis FC yang bermain di liga kasta tertinggi Yunani.

Hanya saja, Bagus Kahfi kesulitan bersaing dan sempat mengalami cedera bawaan dari Garuda Select. Dua kali ia naik meja operasi.

Hal ini membuat Bagus Kahfi tersisih dari persaingan, dan akhirnya ia tak pernah dipanggil lagi ke Timnas Indonesia.

Sementara saudara kembarnya, Bagas Kaffa tetap bermain di Barito Putera, bertahap sejak tim U-18, U-20, kemudian ke tim senior yang bermain di Liga 1.

Penampilan konsisten Bagas Kaffa bersama Barito Putera membuat Shin Tae-yong turut memboyongnya ke skuad inti Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023.

Bagas Kaffa menjadi salah satu pemain pilar yang membawa Timnas Indonesia U-23 menjuarai SEA Games 2023.

Bagas Kaffa juga masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023. Bahkan, ia didapuk menjadi kapten oleh Shin Tae-yong.

Hanya saja, Bagas Kaffa terlibat cedera saat melakukan pemanasan, dan akhirnya ia pun dicoret dari skuat yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023.

"Saya mengalami cedera engkel, semoga bisa secepatnya pulih dan bisa bermain kembali," tutur Bagas Kaffa saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (3/9/23).