Timnas Indonesia

Bantai China Taipei 9-0, Ini Rupanya Trik 'Kotor' Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong

Minggu, 10 September 2023 06:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan besar sukses diraih oleh timnas Indonesia U-23 atas China Taipei dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Sabtu (09/09/23) malam WIB. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan besar sukses diraih oleh timnas Indonesia U-23 atas China Taipei dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Sabtu (09/09/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Kemenangan besar sukses diraih oleh timnas Indonesia U-23 atas China Taipei dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Sabtu (09/09/23) malam WIB.

Tidak tanggung-tanggung, Garuda Muda asuhan Shin tae-yong membantai tamunya sembilan gol tanpa balas di hadapan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Dengan ini untuk sementara timnas Indonesia U-23 memperbesar kans untuk lolos ke putaran final usai menduduki posisi puncak Grup K.

Kemenangan atas Turkmenistan pada Rabu (13/09/23) mendatang atau sekedar hasil imbang saja bisa membawa mereka meraih tiket ke Qatar tahun depan.

Di atas kertas, China Taipei U-23 memang lawan yang lemah dan sudah seharusnya digebuk oleh timnas Indonesia U-23 namun kredit tetap harus diberikan karena bagaimanapun menang 9-0 tetap capaian luar biasa.

Terutama terkait bagaimana Shin Tae-yong secara perlahan membangun dream team dengan kualitas top.

Pelatih asal Korea Selatan itu berani melakukan pemotongan generasi dengan cara mempromosikan secara masif para pemain muda untuk bermain di timnas senior sehingga pada akhirnya gap dengan timnas kelompok usia menjadi sangat samar.

Untuk skuad kualifikasi Piala Asia U-23 2024 kali ini Shin Tae-yong akhirnya bisa mengandalkan banyak dari mereka yang sudah pernah mendapatkan caps senior.

Sebut saja Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Ernando Ari, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Muhammad Ferrari.

Sulit dipercaya jika lima di antara nama-nama tadi sudah mengumpulkan lebih dari 15 penampilan bersama timnas Indonesia senior yang membuat mereka jauh lebih matang dan dewasa dari kebanyakan pemain seusia mereka.

Memang kesannya sedikit 'curang' karena Shin Tae-yong bisa mengandalkan mereka semua sementara negara lain banyak yang tidak memilili privilige serupa namun itu buah dari usaha sang peracik taktik sendiri.

Diharapkan performa apik timnas Indonesia U-23 tidak akan berhenti sampai di sini saja tentunya namun sampai kelolosan ke Piala Asia U-23 2023 dipastikan dan terus demikian hingga di putaran final nanti.