Timnas Indonesia

Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23: Ivar dan Arhan Antar Garuda ke Qatar!

Selasa, 12 September 2023 21:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan U-23 pada Selasa (13/09/23) malam WIB cukup untuk membawa timnas Indonesia U-23 melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Ivar Jenner dan Pratama Arhan keluar sebagai pahlawan Garuda Muda di depan publik Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, dengan sumbangan masing-masing satu gol.

Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia U-23 resmi lolos ke Qatar sebagai juara Grup K dengan rekor kemenangan 100% dari dua laga.

Sementara itu bagi Turkmenistan U-23, kekalahan ini membuat langkah mereka terhenti. Mereka berhak menemani anak-anak asuh Shin Tae-yong ke Piala Asia U-23 tahun dengan menjadi salah satu runner-up terbaik.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama timnas Indonesia U-23 bermain dominan meski pada awalnya sempat sulit melewati low block Turkmenistan U-23.

Merah-Putih mampu menguasai 70% aliran bola dan mampu melepaskan 12 tembakan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang lawan kawalan Ahallyyev Rustem.

Hanya saja baru pada menit ke-41 kebuntuan bisa dipecahkan melalui Ivar Jenner yang menunjukkan kelasnya via sepakan jarak jauh nan cantik.

Menerima sodoran umpan dari Arkhan Fikri di depan kotak penalti Turkmenistan U-23, penggawa FC Utrecht tersebut langsung melepas tembakan kaki kanan yang meski membentur kepala salah satu defender masih bisa bersarang di dalam gawang.

Keunggulan 1-0 dapat dipertahankan timnas Indonesia U-23 sampai waktunya turun minum. Usai restart, tempo dari babak pertama masih bisa dipertahankan oleh Garuda Muda.

Sejumlah peluang emas kembali bisa dikreasikan namun bola seakan enggan melewati garis gawang. Barulah pada injury time gol kedua pengunci kemenangan bisa dicetak oleh tandukan jarak dekat Pratama Arhan memanfaatkan assist M. Rayhan Hannan.

Susuna Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23

Timnas Indonesia U-23 (3-5-2): Ernando Ari, Komang Teguh, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Ilham Rio Fahmi, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Rafael Struick, Hokky Caraka

Turkmenistan U-23 (3-5-2): Ahallyyev Rustem, Durdyyev Meylis, Orazov Oraz, Toyjanov yhlas, Charyyev Ilyas, Umarov Salim, Myratberdiyev Rahman, Sapargulyyev Arzuvguly, Priyev Ruslan, Hydyrow Shammamet, Dovletgeldiyev Yagshysahet