Timnas Indonesia

Rangking FIFA Meroket, Statistik Buktikan Timnas Indonesia Jadi Salah Satu Terbaik Asia!

Jumat, 15 September 2023 06:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Timnas Indonesia menutup jeda internasional edisi September 2023 dengan raihan positif. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia menutup jeda internasional edisi September 2023 dengan raihan positif.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menutup jeda internasional edisi September 2023 dengan raihan positif.

Satu uji coba dan kemenangan atas Turkmenistan membawa Tim Garuda semakin meroket dalam peringkat FIFA.

Pada 8 September 2023 lalu timnas Indonesia menggelar satu-satunya partai yang mereka agendakan untuk mengisi FIFA Matchday bulan ini.

Menghadapi Turkmenistan di Gelora Bung Tomo, anak-anak asuh Shin Tae-yong membungkam tamunya 2-0 berkat gol-gol dari Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri.

Kemenangan ini membawa timnas Indonesia naik tiga peringkat di tabel perolehan poin FIFA dari yang semula 150 menjadi 147.

Dilansir Footy Rangkings, perubahan posisi Merah-Putih adalah salah satu yang paling drastis di antara negara-negara Asia pada jeda internasional kali ini.

Hanya ada satu negara lain dari zona AFC yang punya peningkatan lebih baik yakni Pakistan dengan keberhasilan mereka naik empat tangga ke posisi 197.

Akan tetapi di perolehan poin timnas Indonesia belum masuk jajaran negara dengan perolehan terbaik.

Masih ada Jepang (9,24), Thailand (6,84), dan Uni Emirat Arab (6,15) yang menjadi trio pendulang angka terbanyak dari jeda internasional September 2023.

Hal itu dikarenakan selain menjadwalkan lebih dari satu pertandingan, lawan-lawan yang mereka hadapi punya kualitas tinggi.

Jepang misalnya yang melakoni lawatan ke Eropa untuk menghadapi Jerman dan juga Turki. Samurai Blue mengalahkan keduanya dengan skor 1-4 dan 4-2.

Thailand pun tidak kalah apik dengan meladeni Lebanon juga Iraq dalam akan King's Cup. Dari sana The War Elephants mendulang sekali menang dan sekali imbang. Timnas Indonesia harus belajar dari kedua negara tadi untuk bisa semakin mendaki peringkat FIFA.