Liga 1

Cedera Parah di Timnas, Persis Solo Beri Kabar Bagus soal Zanadin Fariz

Senin, 18 September 2023 21:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Persis Solo memastikan Zanadin Fariz sudah menjalani seluruh tahapan recovery usai cedera bersama Timnas Indonesia U-20 dan siap debut di Liga 1 2023/2024. Copyright: © PSSI
Persis Solo memastikan Zanadin Fariz sudah menjalani seluruh tahapan recovery usai cedera bersama Timnas Indonesia U-20 dan siap debut di Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Persis Solo memastikan Zanadin Fariz sudah menjalani seluruh tahapan recovery usai cedera bersama Timnas Indonesia U-20 dan siap debut di Liga 1 2023/2024.

Zanadin Fariz merupakan salah satu bakat besar yang bersinar di Piala Menpora 2021. Kala itu, performa Zanadin langsung melesat ketika diberi kesempatan bermain di tim senior oleh Jacksen Tiago.

Performa keren itu pada akhirnya mengantarkan Zanadin untuk masuk skuat Timnas U-20. Sayangnya, kenyataan pahit harus dihadapi Zanadin jelang Piala Asia U-20 2023 lalu.

Zanadin mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) dalam sesi latihan pada awal Maret lalu. Zanadin kemudian menjalani operasi dengan biaya penuh dari PSSI.

Setelah operasi, Zanadin menjalani tahapan recovery di Solo dan Jakarta. Kini, setelah enam bulan berlalu, Zanadin mendapat lampu hijau untuk berlatih dengan tim lagi.

Kabar bagus ini diungkapkan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Zanadin sudah mulai menginjakkan rumput lagi untuk mengembalikan level kebugarannya.

"Zanadin sudah dapat sertifikat. Minggu ini dia bisa berlatih lagi dengan tim," kata Leonardo Medina.

Selama masa pemulihan, Zanadin kerap menjalani tahapan bareng Muhammad Riyandi. Kabar baiknya, Riyandi sudah come back di Liga 1 dan mencatatkan clean sheet pada derbi Jawa Tengah melawan PSIS Semarang, Sabtu (16/9/23).

Performa menawan Riyandi jelas membuat Zanadin termotivasi untuk kembali ke Liga 1 lagi. Namun, Medina menegaskan Zanadin akan diberikan beban latihan secara bertahap.

Kemungkinan besar Zanadin baru akan berlaga di Liga 1 2023-2024 pada putaran kedua mendatang. Zanadin merupakan aset Tanah Air yang harus diawasi perkembangannya.

"Dia sudah menjalani satu proses terakhir dalam recovery. Dia sekarang sudah siap latihan. Kita harus melihat bagaimana kemajuan dia," ungkap Leo Medina.

Selain Riyandi dan Zanadin, satu nama lain yang sempat mengalami cedera ACL dan sudah menjalani latihan adalah Alfath Fathier. Eks Madura United ini terlihat sudah latihan lagi.

Dokter tim Persis Solo, dr. Iwan Wahyu Utomo, mengatakan pemain yang masih harus istirahat total karena cedera adalah Irfan Jauhari.

Pemain asal Ngawi ini baru saja menjalani operasi setelah mengalami cedera ACL saat memperkuat Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023.

"Sudah oke semua, tinggal Irfan Jauhari saja," kata dr. Iwan Wahyu saat ditemui usai laga melawan PSIS Semarang lalu.

Zanadin Fariz dan Alfath Fathier bisa memperbanyak opsi untuk sektor gelandang dan sayap pada putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Persis Solo memiliki keinginan untuk lolos ke zona empat besar. Saat ini, Laskar Sambernyawa ada di peringkat ke-13 dengan 15 poin. Persis Solo terpaut lima poin dari Barito Putera yang ada di peringkat empat di klasemen Liga 1 2023-2024.