Liga Indonesia

Pelatih Persiraja Buka Suara soal 'Guling-guling' Pemainnya di Liga 2 2023/2024

Senin, 18 September 2023 19:30 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Persiraja Banda Aceh
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli, angkat suara atas klaim sikap tak terpuji yang diperlihatkan beberapa pemainnya di Liga 2 kontra Sriwijaya FC. Copyright: © MO Persiraja Banda Aceh
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli, angkat suara atas klaim sikap tak terpuji yang diperlihatkan beberapa pemainnya di Liga 2 kontra Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persiraja Banda Aceh, Achmad Zulkifli, turut angkat suara atas klaim sikap tak terpuji  yang diperlihatkan beberapa pemainnya saat menghadapi Sriwijaya FC di lanjutan Liga 2 2023/2024.

Diketahui, Persiraja Banda Aceh sukses mengalahkan tamunya Sriwijaya FC dua gol tanpa balas pada lanjutan pekan kedua Grup 1 Liga 2 2023-2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Minggu (17/9/23) malam.

Dua gol kemenangan Laskar Rencong diciptakan oleh legiun asing mereka asal Brasil, Ricardo Pires Santos Junior (45+1') dan pemain pengganti yang baru turun semenit yakni M. Rizky Yusuf Nasution (85').

Usai laga, juru taktik Laskar Wong Kito, Muhamad Yusup Prasetiyo, mengkritik sikap tak terpuji atau tidak mengedepankan asas Fair Play yang mengulur-ulur waktu dengan cara guling-guling yang dilakukan beberapa pemain Persiraja.

Bahkan pelatih yang akrab disapa Yoyok ini menyarankan, jika berniat mengulur-ulur waktu dapat dilakukan dengan cara yang lebih etis yakni dengan menguasai bola atau ball possesion.

Menyikapi hal itu, nahkoda Persiraja Achmad Zulkifli, angkat suara. Ia menegaskan aksi ulur-ulur waktu dengan berguling-guling yang dilakukan beberapa pemainnya bukan merupakan instruksi dari tim pelatih.

"Kalau adanya instruksi soal itu bukan dari kita (tim pelatih). Ya (dipastikan) inisiatif sendiri (dari para pemain)," tegas Zulkifli kepada awak media dalam temu pers usai pertandingan.

Kendati demikian, lanjut Zulkifli, menerapkan mengulur-ulur waktu merupakan hal yang cukup lumrah dalam permainan sepakbola, terlebih saat tim sedang unggul.

"Itu (pertandingan) dalam tensi tinggi ya. Kita gak tahu kondisi di menit-menit akhir, tapi tensi lagi tinggi dan kita lagi leading. Tapi memang biasanya kalau kita dalam tekanan salah satu taktikal kita untuk men-delay permainan," tutup eks Dirtek Persikabo 1973 ini.

Dengan kemenangan tersebut, Persiraja bertengger di posisi puncak klasemen sementara Grup 1 dengan koleksi 4 poin, hasil sekali menang dan sekali imbang.

Diketahui, selanjutnya Andik Vermansah dan kawan-kawan akan melakoni laga away perdana mereka musim ini dengan bersua tuan rumah PSMS Medan pada lanjutan pekan ketiga di Stadion Teladan, Medan, pada Minggu (24/9/23) mendatang.