Liga Indonesia

Fatjon Celani, Striker Tajam Jerman yang 'Nyasar' ke Liga 2 Dibeli Perserang

Selasa, 19 September 2023 09:41 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Perserang usai Fatjon Celani mencetak gol ke gawang Malut United FC dalam laga Liga 2 2023/2024 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Perserang usai Fatjon Celani mencetak gol ke gawang Malut United FC dalam laga Liga 2 2023/2024 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/09/23).

INDOSPORT.COM - Liga Indonesia kerap menjadi persinggahan karier para pemain asing asal Eropa, tapi selama ini terhitung jarang yang berasal dari Jerman. Fatjon Celani merupakan salah satunya.

Eks striker klub Liga Jerman, Augsburg II, ini tiba-tiba 'nyasar' ke Liga 2 2023/24 memperkuat Perserang Serang. Dia direkrut dalam rangka memenuhi kuota dua pemain asing sesuai regulasi baru, bersama bek asal Iran, Behnam Habibi.

Sebelum dipinang Perserang, karier Fatjon Celani cukup mentereng di Liga Luksemburg bareng klub FC Etzella Ettelbruck. Total dia mencetak 10 gol dalam 28 penampilan edisi 2021/22.

Kualitas Celani bahkan langsung terbukti di laga perdana Perserang. Debutnya di kancah sepak bola Indonesia ditandai dengan torehan dua gol ke gawang Malut United FC dalam lanjutan Grup 2 Liga 2023/24, Senin (18/9/23).

Sayang, brace Celani tak cukup menghasilkan poin untuk Perserang karena timnya kena tikung Malut United FC di menit-menit akhir laga. Sehingga, mereka terpaksa pulang dengan tangan kosong menyusul hasil akhir berupa kekalahan 2-3.

Penampilan Fatjon Celani juga mengundang pujian dari pelatih Perserang, Lukas Tumbuan. Dia memang terpantau kerap menebar ancaman kepada lini belakang Malut United, di luar sumbangsih dua gol, terutama di babak pertama.

Satu hal yang perlu dicermati adalah kecenderungan lepas kontrol saat timnya tengah tertekan. Celani sempat sedikit cekcok dengan lawan yang berbuah kartu kuning pada babak kedua.

"Fatjon Celani adalah aset kami. Dia memang belum 100 persen nyetel dengan tim dan lingkungan di sini, tapi saya menaruh harapan besar kepadanya," kata Lukas Tumbuan usai laga.

"Hari ini juga dia bermain bagus. Adaptasinya tergolong cepat, padahal dia dari Jerman. Harus diakui dia punya determinasi tinggi," cetusnya.

Keyakinan Lukas Tumbuan lantas diiringi dengan dukungan penuh suporter Perserang yang terpukau menyaksikan permainan Celani di laga perdana. Mereka melontarkan pujian di akun Instagram pribadi striker keturunan Albania tersebut, @_fc9._.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fatjon Celani (@_fc9._)

Harapannya tentu saja adalah Fatjon Celani bisa mengantarkan Perserang bersaing memperebutkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Sebuah prestasi yang sangat dinantikan mengingat klub ini terus-terusan berkutat di Liga 2 sejak edisi perdana (2017).

Sekadar mengingatkan, kekalahan tipis di laga perdana menempatkan Perserang Serang di dasar klasemen Grup 2 Liga 2 2023/24. Mereka merupakan satu-satunya tim yang belum mengantongi poin.