Liga 1

Persebaya Surabaya Cari Solusi Pengganti Stadion GBT, dari Tukar Jadwal hingga Numpang

Senin, 25 September 2023 13:40 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Dusan Stevanovic merayakan gol yang dicetak ke gawang Arema FC dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Dusan Stevanovic merayakan gol yang dicetak ke gawang Arema FC dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung menjadi laga terakhir di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebelum Piala Dunia U-17.

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Persib Bandung tampaknya menjadi laga terakhir Bajul Ijo di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Liga 1, sebelum steril untuk Piala Dunia U-17.

“Kita akan menghadapi Persib Bandung. Jadi, itu yang menjadi pertandingan terakhir, sebelum nanti masuk Piala Dunia,” kata Ketua Panpel Ram Surahman pada Sabtu (23/09/23).

Meski begitu, pria yang akrab disapa Cak Ram ini tetap mempersiapkan beberapa rencana lainnya.

“Kami masih memiliki beberapa opsi yang sedang kami jajaki,” singkat pria asal Benjeng, Gresik ini.

Beberapa pilihan yang dia sampaikan di antaranya menukar pertandingan, di mana Persebaya bermain tandang terlebih dahulu.

“Yang pertama ada opsi menukar beberapa pertandingan kandang yang akan coba kami komunikasikan dengan LIB dan klub yang menjadi lawan kita,” jelasnya.

“Atau opsi kedua kami mencoba menjajaki dua kandang di teman-teman Deltras FC di Sidoarjo dan Gresik United di Gresik,” lanjutnya.

Nah untuk pilihan kedua ini, dia masih menjajaki komunikasi dengan kedua klub tetangga yang saat ini berlaga di Liga 2.

“Ini masih kita komunikasikan, mana opsi yang paling memungkinkan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Persebaya Surabaya sudah pernah menggunakan dua stadion tersebut, yakni Gelora Delta, Sidoarjo dan Gelora Joko Samudro, Gresik.

Persebaya Surabaya menggunakan Stadion Gelora Delta pada saat Stadion Bung Tomo direnovasi untuk Piala Dunia U-20.

Kemudian Stadion Joko Samudro, Gresik, digunakan Persebaya Surabaya pada saat Stadion Bung Tomo masih direnovasi untuk Piala Dunia U-20.

FIFA Saksikan Persebaya vs Arema FC di Stadion GBT

Status Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, benar-benar diperhatikan oleh FIFA.

Induk organisasi sepak bola dunia ini bahkan datang pada saat laga Persebaya Surabaya vs Arema FC pada Sabtu (23/09/23) kemarin.

Perwakilan FIFA hadir pada Derbi Jawa Timur ke Stadion GBT untuk melihat fasilitas yang ada di sana.

Pertandingan Derbi Jawa Timur sendiri berlangsung dengan lancar dan aman. Arema FC bahkan tiba di Stadion GBT menggunakan bus, meskipun tetap dipersiapkan kendaraan rantis dari kepolisian.

Stadion Gelora Bung Tomo Venue Piala Dunia U-17

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 yang berlangsung pada November-Desember 2023.

Kandang Persebaya Surabaya ini bakal menjadi venue pembuka sekaligus tempat Timnas Indonesia berlaga.

Stadion GBT bakal menjadi tempat pertandingan grup A, di mana tergabung Indonesia, Ekuador, Maroko, Panama. Pertandingan di Stadion GBT ini berlangsung mulai 10 November 2023 mendatang.