Liga 1

2 Alasan Mengapa Pertemuan Arema FC Kontra Borneo FC Jadi Laga Penentuan

Kamis, 5 Oktober 2023 16:02 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 pekan ke-32 antara Arema FC melawan Borneo FC di Lapangan PTIK, Jakarta, Jumat (24/03/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Liga 1 pekan ke-32 antara Arema FC melawan Borneo FC di Lapangan PTIK, Jakarta, Jumat (24/03/23).

INDOSPORT.COM - Arema FC memasang fokus secara tinggi jelang menatap pertemuan kontra tim pemuncak klasemen, Borneo FC pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024.

Bagusnya, tim berjulukan Singo Edan kembali bertindak sebagai tim tuan rumah. Mereka menjamu Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (06/10/23).

Kendati demikian, motivasi dari suporter jelas tak cukup untuk mengalahkan Borneo FC. Perlu fokus dan motivasi yang konsisten dalam mengalahkan mereka.

"Borneo ini tim yang sangat bagus dengan materi pemain berkualitas. Pelatih mereka juga memahami Liga 1," tutur Fernando Valente dalam pre-match press conferrence.

"Menghadapi mereka jadi kesempatan bagus untuk membuktikan sampai dimana level permainan tim kami," imbuh Pelatih Arema FC asal Portugal tersebut.

Saat ini, performa kedua tim sedang on fire. Arema FC baru saja kembali ke tren kemenangan usai mengalahkan PSS Sleman 2-1 (30/9/23) lalu.

Hasil itu memungkasi tren tak pernah menang Arema FC dalam 2 laga sebelumnya. Sedangkan Borneo FC datang dengan status 3 kali tanpa terkalahkan.

Anak asuh Pieter Huistra juga datang dengan status sebagai pemuncak klasemen Liga 1. Bandingkan dengan Arema FC yang masih berjuang keluar zona degradasi.

"Pertandingan nanti akan berjalan sulit dan penuh tekanan. Tetapi kami sedang butuh poin dan berupaya meraihnya," tandas Valente.

Rasanya tak berlebihan jika pertemuan Arema FC kontra Borneo FC disebut sebagai laga penentuan. Lantas apa saja alasannya?

Penentu Puncak Klasemen

Borneo FC berkepentingan untuk mengejar poin penuh dalam upaya mempertahankan posisi pertama di klasemen Liga 1 saat ini.

Tim berjulukan Pesut Etam sebelumnya sukses menggusur Madura United lewat kemenangan 2-1 di Pamekasan (01/10/23).

Masalahnya, jarak angka dengan Madura United terlampau tipis. Borneo FC yang mengoleksi 28 poin, bisa kembali digeser oleh rivalnya itu.

Terlebih, MU yang mengumpulkan 27 poin dan kini menjadi runner-up, punya kans meraup poin penuh meski away ke markas PSM Makassar (08/10/23).

Penentu Zona Degradasi

Di sisi lain, Arema FC sangat berhasrat untuk mengamankan poin penuh di laga ini. Kepentingan mereka tak lain adalah untuk keluar dari zona degradasi.

Tim Singo Edan yang menempati urutan 16 klasemen dengan 13 poin, hanya terpaut tipis dengan Persita Tangerang yang berada di urutan 15 berbekal 14 angka.

Kemenangan atas Borneo FC jelas menjadi target paling rasional untuk dikejar. Ditambah dengan Persita yang tampaknya kesulitan saat menjamu Persik Kediri (08/10/23).

Syarat itu menjadi mutlak, apalagi jika melihat para tim di atas Persita. Dengan 3 poin, Arema FC memperbesar peluang untuk menggeser 5 tim yang mengoleksi 18 poin.