Liga 1

Alasan Arema FC Pilih Kota Batu Sebagai Venue TC Selama FIFA Matchday

Senin, 9 Oktober 2023 02:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
© MO Arema FC
Pemain Arema FC Greg Nwokolo dan rekan tim saat official training. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema FC Greg Nwokolo dan rekan tim saat official training. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC sudah menentukan program lanjutan usai merampungkan deretan jadwal melelahkan selama 15 pekan kompetisi Liga 1 2023/2024.

Pada laga terakhir, Arema FC kalah tipis 0-1 saat menjamu Borneo FC dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Jumat (6/10/23).

Tim berjulukan Singo Edan memilih untuk melanjutkan program latihan dengan training center (tc) saat kembali pulang ke Malang usai bertanding di Bali.

"Tim ini butuh istirahat selama hampir dua pekan ini terus bertanding. Jeda ini kami maksimalkan dengan program tc," ucap Pelatih Arema FC, Fernando Valente. 

Ya, Gustavo Almeida dkk memang punya waktu yang longgar seiring jeda pertandingan internasional FIFA selama dua pekan ke depan.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia punya agenda babak kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam, pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Sementara jadwal Tim Singo Edan berikutnya adalah menyambangi markas PSM Makassar, pada pekan ke-16 Liga 1 (20/10/23) mendatang.

Laga melawan tim juara bertahan Liga 1 itu menjadi penghujung putaran pertama, sebelum Arema FC menghadapi Madura United di Bali (28/10/23).

"Kami akan melakukan persiapan jelang laga kontra PSM Makassar melalui program tc ini. Segala aspek harus ditingkatkan," imbuh pelatih asal Portugal itu.

Kota Batu lantas menjadi pilihan favorit. Lantas, apa saja alasan Arema FC yang begitu identik menggelar setiap kali program tc di Kota Batu?

Fasilitas Lengkap
Kompleks Agrowisata Kusuma di Kota Batu memang menjadi opsi favorit untuk menggelar program training center (tc), lantaran memiliki fasilitas yang lengkap.

"Mengapa menggelar tc di Kota Batu? Karena disana ada lapangan yang bagus untuk berlatih dengan baik," beber Pelatih Arema FC, Fernando Valente.

Selain punya lapangan yang memadai, kompleks ini juga punya hotel representatif, lalu pusat kebugaran beserta kolam renang yang berada dekat lapangan.

Selain itu, Agrowisata Kusuma Kota Batu juga punya area permainan paintball yang berada di bagian atas hotel. Disini, tim bisa menyempurnakan kerja sama pemain.

Tak hanya identik dengan Arema FC saja, kompleks ini juga kerap dikunjungi sejumlah tim lain untuk tc. Beberapa diantaranya Persipura Jayapura dan Barito Putera.

Suasana Bagus
Kota Batu yang berada di dataran tinggi, punya cuaca yang bagus dalam mendukung upaya tim dalam meningkatkan aspek kebugaran fisik pemain.

Kontur tanah yang berbukit plus hawa segar khas gunung, tersaji lengkap di kota yang berjarak setengah jam dari Kota Malang tersebut.

Terlebih jika berlatih di lapangan Kompleks Agrowisata Kusuma, tim ditawarkan dengan view eksotis di sisi utara berupa Gunung Arjuno dan Penanggungan.

"Kami harus meningkatkan (kondisi) pemain. Saya percaya pemain-pemain di tim ini dan itulah hidup yang harus terus berjalan," ungkap Valente.

Di sisi lain, Kota Batu yang lengkap dengan segala jenis wisata, bisa membantu tim dalam menyegarkan suasana setelah kepenatan mengikuti kompetisi.