In-depth

Statistik 3 Pemain Persib di Pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:36 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei, Kamis (12/10/23) malam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei, Kamis (12/10/23) malam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Persib Bandung menjadi bagian Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tiga pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia tersebut adalah Marc Klok, Edo Febriansah, dan Rachmat Irianto.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sudah melakoni pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23).

Di pertandingan tersebut, mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 6-0. Gol pembuka skuad Garuda dicetak oleh Dimas Drajad pada menit ke-7.

Tak berselang lama, Rizky Ridho menggandakan keunggulan Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam menjadi 2-0.

Kemudian, Ramadhan Sananta yang baru masuk di babak kedua bisa menyumbangkan tambahan 2 gol untuk Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, Drimas Drajad mencatatkan hat-trick usai mencetak gol kedua pada menit ke-72 dan menit ke-90+2.

Dengan demikian, Timnas Indonesia menang atas Brunei Darussalam dengan skor telak, yakni enam gol tanpa balas.

Berikut ini INDOSPORT merangkum statistik penampilan tiga pemain Persib di Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam.

Marc Klok

Di pertandingan tersebut, Marc Klok, mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk tampil sebagai starter.

Bermain sejak menit pertama di Timnas Indonesia bukan yang pertama bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang ini.

Namun, jika biasanya pemain berusia 30 tahun ini sering bermain penuh 90 menit, kali ini Marc Klok hanya mendapat kesempatan bermain selama 45 menit.

Pasalnya, di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan komposisi pemain dengan menarik Marc Klok dan memasukkan Ricky Kambuaya.

Rachmat Irianto

Pemain berusia 24 tahun ini sudah sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Namun, di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam, mantan pemain Persebaya Surabaya ini disimpan di bangku cadangan.

Di pertandingan yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia tersebut, Shin Tae-yong lebih memercayai Sandy Walsh untuk mengisi posisi gelandang.

Meski demikian, peluang Rachmat Irianto untuk tampil memperkuat Timnas Indonesia masih terbuka, lantaran masih ada leg kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mereka akan kembali menghadapi Brunei, kali ini di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23).

Edo Febriansah

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini, tidak tampil di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/23).

Di pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberi kepercayaan kepada Pratama Arhan. Namun, Arhan hanya bermain 73 dan digantikan oleh Shayne Pattynama.

Edo sendiri, sebelumnya mengalami cedera ringan saat latihan jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Brunei.

Meski tidak mendapatkan kesempatan tampil pada pertandingan pertama, Edo berpeluang bermain di laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23) mendatang.

Pasalnya, masih ada waktu bagi Edo untuk mempersiapkan diri dalam sesi latihan, agar di laga nanti mendapatkan kepercayaan untuk bertanding dari Shin Tae-yong.