Liga 1

3 Opsi Kandang Anyar Persis Solo Pengganti Stadion Manahan di Liga 1

Selasa, 17 Oktober 2023 14:12 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Persis Solo
Persis Solo harus mencari opsi venue kandang anyar selama Stadion Manahan disterilkan untuk Piala Dunia U-17 2023. Copyright: © Persis Solo
Persis Solo harus mencari opsi venue kandang anyar selama Stadion Manahan disterilkan untuk Piala Dunia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Persis Solo harus mencari opsi venue kandang anyar selama Stadion Manahan disterilkan untuk Piala Dunia U-17 2023.

Ada tiga stadion di Jawa Timur yang bisa dipilih untuk menggelar tiga laga kandang Liga 1 2023-2024.

Untuk diketahui, Stadion Manahan sudah disterilkan dari kegiatan sepak bola mulai 10 Oktober 2023. Penutupan ini bakal berjalan sampai 9 Desember 2023.

Dalam rentang waktu tersebut, Persis Solo harus mencari venue lain untuk menggelar tiga laga kandang.

Laskar Sambernyawa akan menjamu Bhayangkara FC (29 Oktober), PSS Sleman (8 November), dan Madura United (3 Desember).

Awalnya, ada rencana Persis Solo bakal memakai Stadion Kebogiro Boyolali. Venue tersebut lolos verifikasi menjadi markas Nusantara United untuk Liga 2 2023-2024.

Namun ternyata Stadion Kebogiro tak bisa digunakan untuk Liga 1. Ketiadaan lampu penerangan memaksa Persis Solo mencari stadion lain yang letaknya lebih jauh dari Kota Solo.

Informasi yang didapat sumber INDOSPORT.COM, Persis Solo memilih Jawa Timur sebagai markas barunya, ketimbang Stadion Maguwoharjo Sleman.

"Opsinya cuma di Jawa Timur. Bisa di Kediri, Sidoarjo atau Gresik. Pertimbangannya karena suporter," ucap sumber INDOSPORT.COM.

Persis Solo ingin laga kandangnya dihadiri para suporter, tanpa ada batasan tertentu. Ada tiga stadion yang bisa digunakan sebagai venue Liga 1. Simak ulasan berikut ini.

1. Gelora Delta Sidoarjo

Markas dari tim Liga 2, Deltras FC, menjadi opsi terdepan sebagai kandang anyar Persis Solo. Gelora Delta memiliki seluruh aspek untuk lolos verifikasi stadion Liga 1.

Venue ini memiliki banyak keunggulan, yang terpenting adalah dekat dengan semua moda transportasi. Gelora Delta cukup dekat dengan pintu tol, Stasiun Sidoarjo, dan Bandara Juanda Surabaya.

Kemudahan ini membuat laga kandang Persis Solo bakal dipadati suporter setianya. Persis Solo berpotensi mendapatkan izin untuk menggelar laga tanpa ada batasan jumlah suporter.

Selain itu, Gelora Delta belum digunakan oleh tim-tim Liga 1. Situasi ini berbeda dengan Stadion Maguwoharjo Sleman yang sudah dipakai PSS Sleman dan RANS Nusantara FC.

2. Stadion Brawijaya Kediri

Stadion Brawijaya juga masuk dalam opsi Persis Solo. Stadion Brawijaya sudah lolos verifikasi Liga 1 karena menjadi markas tim Persik Kediri.

Kota Kediri kini bisa lebih cepat dijangkau dengan keberadaan Tol Solo-Kertosono. Suporter Persis Solo juga bisa berangkat ke Kediri menggunakan kereta api.

Terpenting pula, hubungan suporter Solo dengan Kediri cukup harmonis. Maka, Persis Solo memiliki peluang menggelar laga kandang dengan banyak dihadiri suporter setianya.

3. Gelora Joko Samudro Gresik

Opsi ketiga yang dipunya Persis Solo setelah Gelora Delta dan Stadion Brawijaya adalah Gelora Joko Samudro. Stadion ini pernah digunakan Persebaya menjadi tuan rumah pada Liga 1 2022-2023 lalu.

Namun, peluang untuk menggunakan stadion ini sangat kecil. Gelora Joko Samudro digunakan Gresik United di Liga 2 serta berpotensi jadi opsi Persebaya yang juga terusir dari Gelora Bung Tomo (GBT).

Selain itu, tak banyak opsi yang bisa digunakan untuk menjangkau Gelora Joko Samudro. Suporter Persis Solo harus menempuh perjalanan darat berjam-jam untuk sampai ke sana.

Jika Persis Solo menggelar laga kandang di Gelora Joko Samudro, tingkat kehadiran suporter bisa sangat kecil dibandingkan memilih Gelora Delta atau Stadion Brawijaya.