Liga 1

3 Catatan Buruk Usai Madura United Dikalahkan Dewa United dengan Skor Telak

Senin, 23 Oktober 2023 06:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Madura United
Madura United tampil tak sesuai ekspektasi saat menghadapi Dewa United, Minggu (22/10/23). Foto: MO Madura United. Copyright: © MO Madura United
Madura United tampil tak sesuai ekspektasi saat menghadapi Dewa United, Minggu (22/10/23). Foto: MO Madura United.

INDOSPORT.COM - Madura United tampil tak sesuai ekspektasi pada lanjutan pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 saat menjamu Dewa United, Minggu (22/10/23).

Dijagokan menang, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab justru menuai malu besar seiring kekalahan telak 1-4 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan.

Padahal kalau menang, Jacob Mahler dkk dipastikan kembali memuncaki klasemen Liga 1 menggeser Borneo FC yang pada Sabtu (21/10/23) ditahan Persib Bandung 1-1.

Hasil ini lantas membuat Madura United tetap menghuni posisi kedua klasemen dengan 30 poin, di belakang Borneo FC yang tetap di posisi pertama dengan 32 angka.

"Tim lawan sukses memanfaatkan setiap kesempatan bagus menjadi gol. Secara teknis, mereka lebih bagus," ucap Mauricio Souza dalam post-match press conference.

"Padahal, kami bermain lebih baik terutama di lini kedua. Kami dominan, tapi tidak cukup baik ketika finishing peluang menjadi gol," beber Pelatih Madura United tersebut.

Tekanan untuk menang bisa jadi faktor penyebab kekalahan Madura United. Bahkan, satu-satunya gol tuan rumah dicatatkan Junior Brandao melalui penalti menit 45.

Sementara itu, Dewa United yang tampil lepas, sukses menjaringkan 4 gol. Dimulai Egy Maulana Vikri menit 7, Alex Martins (25 dan 98), serta bunuh diri Cleberson (47).

"Semua gol lawan berasal dari serangan balik cepat dengan memanfaatkan kesalahan kami sendiri. Ini biasa terjadi dalam sepak bola," sebut Souza.

Kekalahan telak 1-4 menjamu Dewa United juga menghadirkan sejumlah catatan buruk bagi tim asuhan Mauricio Souza. Apa saja, berikut Indosport telah merangkumnya.

Kekalahan Paling Telak

Untuk pertama kalinya, Madura United mengalami kekalahan dengan skor telak pada Liga 1 musim ini. Tim Laskar Sape Kerrab menyerah dengan skor 1-4 di kandang.

Sebelumnya, kekalahan paling telak adalah saat dimulat Rans Nusantara FC 1-3(9/8/23). Sedangkan kemenangan telak MU adalah saat melibas Persebaya 3-0 (17/9/23).

Kekalahan terakhir yang dialami Madura United di laga home adalah saat menjamu PSM Makassar (31/3/23) lalu. Saat itu, PSM memastikan trofi juara Liga 1 dengan menang 3-1.

Kalah Home Beruntun

Di sisi lain, kekalahan dari Dewa United menjadi yang kedua kali beruntun dialami Madura United di kandang sendiri. Sebelum itu, MU kalah 1-2 menjamu Borneo FC (1/10/23).

Sebelumnya, Lulinha dkk tak terkalahkan dalam 6 laga home Liga 1. Madura United mencatat 16 poin melalui 5 kemenangan dan 1 kali imbang.

Gagal Ke Puncak

Kekalahan 1-4 dari Dewa United sekaligus menggagalkan upaya Madura United untuk menggeser Borneo FC dari puncak klasemen Liga 1.

Hasil ini menyebabkan Madura United tetap di peringkat 2 dengan 30 poin, sedangkan Borneo FC tetap memimpin klasemen dengan 32 poin.

Selisih ini diprediksi semakin lebar pekan ke-17 mendatang. Lantaran Madura United mesti away ke markas Arema FC dan Borneo FC menjamu Dewa United (28/10/23).