Liga Indonesia

PSMS Medan dan PSPS Riau Dapat Sanksi Denda dari Komdis PSSI

Selasa, 24 Oktober 2023 17:58 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
© MO PSMS Medan
Skuat PSMS Medan bertandang ke Semen Padang. (Foto: MO PSMS Medan) Copyright: © MO PSMS Medan
Skuat PSMS Medan bertandang ke Semen Padang. (Foto: MO PSMS Medan)

INDOSPORT.COM - Sudah jatuh tertimpa tangga. Itulah kiasan yang layak disematkan kepada PSMS Medan di penutupan putaran pertama babak pendahuluan grup Liga 2 2023/2024.

Sebab, di laga pamungkas putaran pertama atau laga keenam Grup 1 kemarin, PSMS kembali meraih hasil imbang 2-2 saat menjamu Sriwijaya FC, di Stadion Teladan, Medan, Senin (23/10/23) sore. Itu menjadi hasil seri ketiga beruntun yang diraih PSMS.

Kini kabar terbaru menyebutkan klub berjuluk Ayam Kinantan itu mendapat sanksi denda dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI, yakni sebesar Rp12,5 juta. Namun sanksi tersebut di laga kemarin melainkan di laga sebelumnya.

Berdasarkan hasil keputusan sidang Komdis PSSI tanggal 20 Oktober 2023 yang dirilis baru-baru ini, sanksi denda itu menilik dari laga saat PSMS bermain imbang 1-1 atas tuan rumah PSPS Riau di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, pada 15 Oktober lalu.

"Klub PSMS Medan. Jenis Pelanggaran: adanya suporter PSMS Medan sebagai suporter klub tamu yang hadir dalam pertandingan. Hukuman: sanksi denda Rp12,5 juta," bunyi dari putusan sanksi tersebut.

Tak hanya PSMS, berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI tersebut, tim tuan rumah PSPS juga mendapat sanksi denda serupa, karena dinilai lalai mengantisipasi kehadiran suporter tim tamu. Sanksi itu lebih ditujukan ke Panpel (Panitia Pelaksana) pertandingan PSPS.

"Panitia Pelaksana Pertandingan PSPS Riau. Jenis Pelanggaran: gagal mengantisipasi kehadiran suporter PSMS Medan sebagai suporter klub tamu di stadion. Hukuman: sanksi denda Rp12,5 juta," bunyi sanksi Komdis PSSI tersebut.

Lebih parah lagi, berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI beberapa hari sebelumnya, PSPS juga mendapat sanksi denda lainnya dari laga menghadapi PSMS tersebut.

Dari hasil sidang Komdis PSSI tanggal 18 Oktober 2023, klub berjuluk Askar Bertuah itu mendapat dua jenis sanksi, yakni 5 kartu kuning dalam satu laga dan aksi pelemparan botol.

"Tim Riau FC (PSPS Riau). Jenis Pelanggaran: dalam pertandingan tersebut ada 5 orang pemain mendapat kartu kuning. Hukuman: sanksi denda Rp25 juta," bunyi sanksi Komdis PSSI tersebut.

"Klub Riau FC (PSPS Riau). Jenis Pelanggaran: terjadi pelemparan botol ke arah perangkat pertandingan yang dilakukan yang dilakukan suporter Riau FC (PSPS Riau) di tribune Barat. Hukuman: sanksi denda Rp10 juta," bunyi sanksi Komdis PSSI lainnya.

Dengan tiga sanksi tersebut, jika dijumlahkan maka PSPS mendapat sanksi denda total hampir 50 juta Rupiah atau tepatnya sebesar Rp47,5 juta.