Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Bukan Ze Valente, Barito Putera Bidik Gelandang Argentina Gantikan Konate?

Kamis, 26 Oktober 2023 12:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @cheka.h8
Cristian Hernandez, gelandang Argentina yang dirumorkan jadi incaran Barito Putera di bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024. (Foto: IG @cheka.h8) Copyright: © Instagram @cheka.h8
Cristian Hernandez, gelandang Argentina yang dirumorkan jadi incaran Barito Putera di bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024. (Foto: IG @cheka.h8)

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 akan segera dibuka bulan November, Barito Putera sempat dikabarkan ingin memboyong Ze Valente untuk gantikan Makan Konate.

Bahkan, mengingat Persebaya juga sedang mencari striker asing, rumor menyebutkan bahwa Barito Putera berani 'tukar guling' Ze Valente dengan top skorer mereka, Gustavo Tocantins.

Meski begitu, langkah ini tidak mudah karena Ze Valente ternyata juga sedang laris manis di bursa transfer. Persija Jakarta hingga Dewa United dikabarkan ingin mendatangkannya.

"Persija dikaitkan dengan gelandang Persebaya, Ze Valente (29). Sebelumnya, Ze Valente dikaitkan dengan Arema FC yang dilatih oleh ayah kandungnya, Fernando Valente," tulis akun @Indostransfer.

"Barito Putera dan Dewa United dikabarkan juga tertarik datangkan Ze Valente (29/MF)," tambah akun Twitter yang kerap membahas seputar bursa transfer klub Liga 1 tersebut.

Maka dari itu, Barito nampaknya sedang menyiapkan opsi lain. Namun satu hal yang pasti, posisi Makan Konate tidak benar-benar aman.

Sejauh ini Makan Konate tampil dalam 15 laga bersama Barito Putera, 12 kali sebagai starter, dan tiga lainnya sebagai pemain pengganti. Padahal, statusnya sebagai pemain asing.

Hal ini menyiratkan bahwa Makan Konate bukanlah tulang punggung Barito Putera, meskipun gelandang asal Mali itu sudah membukukan 2 gol untuk Laskar Antasari.

Belakangan, Barito dikabarkan melirik gelandang berkebangsaan Argentina, Cristian Hernandez untuk jadi suksesor Makan Konate.

Rumor ini semakin kuat karena akun media sosial Cristian Hernandez sudah diikuti oleh petinggi klub Barito, Firman Dida Hasnuryadi.

Kata Rahmad Darmawan soal Rumor Transfer


Akun Instagram @liga_dagelan menuliskan rumor Liga 1, bahwa Barito Putera sedang pertimbangkan gelandang asal Argentina, Cristian Hernandez gantikan Makan Konate.

"Barito Putera kabarnya ingin datangkan gelandang asing baru, Cristian Hernandez (28/AM/Argentina) jadi salah satu kandidat," tulis akun @liga_dagelan melalui Instastory.

Setelah ditelusuri, Cristian Hernandez saat ini bermain untuk klub Guatemala, Antigua GFC. Tampil dalam 10 laga, sang gelandang turut berkontribusi mencetak 2 gol di musim ini.

Akun Instagram Cristian Hernandez juga diikuti oleh manajer Barito Putera, Firman Dida Hasnuryadi. Hal ini semakin menambah keyakinan soal rumor tersebut.

Meski begitu, pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan menegaskan sejauh ini belum ada pemain asing yang dicoret, jelang laga Barito Putera vs Persikabo 1973, Jumat (27/10/23).

RD menuturkan memang ada tawaran klub Liga 1 untuk menebus sisa kontrak Gustavo Tocantins, tetapi belum ada keputusan. Soal Makan Konate juga belum ada finalisasi.

"Gustavo memang belum ada (tawaran) dari Persija," kata Rahmad Darmawan seusai laga kontra Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (21/10/23).

"Ada klub yang meminta dia (Gustavo), ada, tapi bukan dari Persija. Tidak tahu kalau di menit akhir (jendela transfer) besok ya," tambah eks pelatih Persija Jakarta itu.

"Setahu saya, (selama) belum berpelukan sama saya, jadi belum ada (kemungkinan pergi). Skuad kami masih saat ini," tegas Rahmad Darmawan lagi.

"Kami akan evaluasi. Evaluasi itu bisa banyak hal, bisa pemain, bisa pelatih, siapa saja. Tapi kami akan detail satu-satu nanti supaya tidak salah dalam langkah," tukas sang pelatih.