Liga Indonesia

Sada Sumut FC Tanpa Pelatih di Putaran II Liga 2 Usai Ditinggal Pergi Suharto AD

Kamis, 26 Oktober 2023 19:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© MO Sada Sumut
Klub Liga 2 2023/24, Sada Sumut FC, berpisah dengan pelatih Suharto AD. Copyright: © MO Sada Sumut
Klub Liga 2 2023/24, Sada Sumut FC, berpisah dengan pelatih Suharto AD.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 2023/24, Sada Sumut FC, akhirnya berpisah dengan pelatih Suharto AD. Evaluasi hasil selama putaran pertama babak pendahuluan Grup 1 menjadi alasan perpisahan tersebut.

Pengumuman perpisahan disampaikan Laskar Simbisa, julukan Sada Sumut FC, via akun Instagram klub, @sadasumut.fc, Kamis (26/10/23).

"Terima kasih Coach SAD! Sada Sumut dan Coach Suharto sepakat untuk berpisah usai putaran pertama (Grup 1) Liga 2 2023/24," begitu bunyi keterangan foto tersebut.

"Coach Suharto AD merupakan pelatih yang mengantarkan Laskar Simbisa ke Liga 2. 'Ngeyel' menjadi karakter yang akan selalu melekat bagi perjuangan Sada!"

"Spirit perjuangan yang ditanamkan buat Laskar Simbisa, akan terus dipupuk sebagai kekuatan dalam meraih kemenangan selanjutnya. Sukses dan sehat selalu di mana pun berada coach!," tutup caption tersebut.

Dikonfirmasi perihal kabar tersebut, Manajer Sada Sumut, Yosephine Br Sembiring mengatakan perpisahan dengan Suharto AD bukan dipecat atau mengundurkan diri.

Yosephine menyebut perpisahan ini berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, menyusul evaluasi hasil pertandingan selama putaran pertama kemarin.

Klub yang dulu bernama Karo United ini tertahan di peringkat ke-6 klasemen sementara Grup 1 dengan raihan 4 poin, hasil sekali menang, sekali seri, dan empat kali kalah.

"Jadi lebih kesepakatan saja. Berdasarkan evaluasi hasil, kami memang melihat perlu ada perubahan skema dalam formasi pelatih, termasuk juga nanti pemain," kata Yosephine saat dikonfirmasi awak media, Kamis (26/10/25).

"Artinya bukan ada kaitannya dengan siapa yang memecat dan siapa yang mengundurkan diri, ini lebih kepada hasil evaluasi." 

"Baik Sada Sumut maupun pelatih (Suharto) itu sendiri melihat perlu ada dilakukannya perubahan di putaran kedua, dengan harapan ini akan membawa kemenangan untuk perjuangan Sada Sumut FC berikutnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya kini tengah menjajaki untuk bekerja sama dengan pelatih lain menatap putaran kedua Grup 1 hingga fase terakhir (babak 12 besar atau babak play-off degradasi).

"Belum ada (pelatih baru), saat ini kita masih dalam tahap interviu. Ada beberapa kandidat yang akan menggantikan Coach Suharto," cetus Yosephine Br Sembiring.

"Jadi begitu sudah disepakati akan diumumkan. Tak menutup kemungkinan putra daerah, tapi terbuka juga kesempatan untuk pelatih selain putra daerah," pungkasnya.

Diketahui, Suharto AD dinilai sukses bersama Sada Sumut. Eks pelatih PSMS Medan itu mengantarkan klub menjuarai Liga 3 Nasional 2021/2022, yang saat itu masih bernama Karo United FC.