Liga 1

Rumor Andres Nieto Selesai, PSIS Semarang Putuskan Nasib 6 Pemain Asingnya di Liga 1

Selasa, 31 Oktober 2023 07:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Phnom Penh Crown FC
Rumor kepindahan Andres Nieto ke Liga Indonesia sudah rampung, yakni bertahan di Phnom Penh Crown. Copyright: © Phnom Penh Crown FC
Rumor kepindahan Andres Nieto ke Liga Indonesia sudah rampung, yakni bertahan di Phnom Penh Crown.

INDOSPORT.COM - Rumor kepindahan Andres Nieto ke Liga Indonesia sudah rampung, yakni bertahan di Phnom Penh Crown, sedangkan PSIS Semarang resmi mempertahankan enam pemain asing di putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Di PSIS, rumor tentang pergantian posisi Vitinho sempat memanas. Kontribusi winger asal Brasil ini sempat dipertanyakan ketika performanya belum stabil setelah mengalami cedera.

Namun, keputusan Gilbert Agius memindahkan Vitinho ke sektor kiri berbuah manis. Ia tampil luar biasa dan PSIS memutuskan untuk tak mengganti enam pemain asingnya.

Keputusan itu juga tak lepas dari keinginan Andres Nieto bertahan di Phnom Penh Crown. Nieto pilih menghormati kontraknya yang tersisa sampai pertengahan tahun depan.

Pemain asing PSIS pada putaran kedua Liga 1 2023-2024 nanti adalah Lucas Gama (Brasil), Boubakary Diarra (Prancis), Gali Freitas (Timor Leste), Taisei Marukawa (Jepang), Vitinho (Brasil), dan Carlos Fortes (Portugal).

"Dalam satu dua pekan terakhir sudah evaluasi-evaluasi, PSIS mempertahankan semua pemain asing," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Senin (30/10/23).

"Tidak mencari pemain asing baru di bursa transfer kali ini karena semua pemain asing memberikan kontribusi maksimal di masing-masing posisi," tambahnya.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa enam pemain asing memiliki kontribusi membawa PSIS masuk ke zona lima besar Liga 1 2023-2023 pada putaran pertama.

Carlos Fortes yang sempat diragukan sudah mencetak 9 gol. Ia hanya berjarak tiga gol saja dari Gustavo Almeida dari Arema FC yang memuncaki posisi top skor Liga 1 2023-2024.

Sementara itu, Paulo Gali Freitas sangat menonjol sebagai gelandang sayap kanan. Ketajamannya memaksa Vitinho digeser ke kiri dan Marukasa diposkan di belakang Fortes.

"Fortes saat ini masuk jajaran top score, Gali juga pemain Asean terbaik, Marukawa main di mana saja bagus, setelah sembuh Vitinho maksimal berkontribusi untuk kemenangan PSIS,

"Diarra perannya central dan Lucao juga kokoh serta semalam bisa cetak gol juga," tuturnya lagi.

Akan tetapi, PSIS tetap berupaya aktif pada bursa transfer menuju putaran kedua Liga 1 2023-2023. Apalagi, mereka baru saja melepas Wawan Febriyanto yang ditebus salah satu klub Liga 2.

PSIS menginginkan striker lokal sebagai back up Carlos Fortes. PSIS perlu nama lain karena Persis Solo mempertahankan Ramadhan Sananta dan PSS Sleman langsung mengunci Hokky Caraka.

"Kita cari back up striker, masih cari striker lokal yang kualitasnya tidak kalah dari Fortes dan bisa menciptakan persaingan sehat walaupun memang cari striker lokal tidak mudah," ungkap Yoyok Sukawi.

"Kemudian juga cari pemain tengah yang bisa menjadi pesaing Boubakary Diarra di lini tengah untuk nomor delapan," lanjut mantan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Meski begitu, PSIS Semarang tak langsung melupakan Andres Nieto. Gelandang Kolombia ini bisa menjadi opsi pemain asing untuk kompetisi Liga 1 2024-2025.

Andres Nieto merupakan gelandang yang tampil luar biasa bersama Phnom Penh Crown. Dalam lima aksinya di Piala AFC 2023-2024 bersama jawara Liga Kamboja, ia mencetak tiga gol.

Andres Nieto membuat sepak bola Kamboja mencatatkan sejarah ketika Phnom Penh Crown membantai wakil Australia, Macarthur FC, dengan skor 3-0.

Kini, Phnom Penh Crown menjadi pemuncak klasemen Grup F dengan 9 poin dari tiga pertandingan.