Liga 1

Pujian Bojan Hodak, Ezra Walian Pemain yang Bawa Perubahan untuk Persib Bandung

Kamis, 2 November 2023 15:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Ezra Walian ke gawang Persikabo pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Ezra Walian ke gawang Persikabo pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, memuji penampilan Ezra Walian yang tampil apik pada pertandingan menghadapi Madura United, pada pekan ke-18 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Rabu (01/11/23).

Pada pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Persib 0-1 tersebut, Ezra Walian tampil sebagai supersub. Dia masuk di babak kedua menggantikan Robi Darwis.

Selain itu, gol tunggal Persib pada pertandingan perdana di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 tak lepas dari peran Ezra Walian.

Pasalnya, Persib mampu memecah kebuntuan saat menit 85, berawal dari tendangan bebas. Ezra Walian yang mengeksekusi bola, memberikan umpan ke kotak penalti.

Nick Kuipers yang berbeda di dalam kotak penalti, berhasil memanfaatkan umpan tersebut. Melalui sundulannya, bola masuk ke gawang Madura United yang dikawal oleh Satria Tama.

Menurut Bojan Hodak, pada pertandingan tersebut Ezra Walian mampu menjalankan tugasnya dengan baik, meskipun dipasang sebagai seorang gelandang bertahan.

"Mengenai Ezra, kalian bisa melihat dia bermain di posisi yang berbeda dari sebelumnya. Hari ini dia bermain sebagai gelandang bertahan dan menunjukkan banyak perkembangan," kata Bojan Hodak.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, kemampuan Ezra Walian yang bisa bermain di beberapa posisi termasuk gelandang bertahan, membuatnya merasa tenang. Lantaran, dia menjadi memiliki banyak opsi untuk memasang Ezra di pertandingan lainnya.

"Itu bagus, karena kami punya satu tambahan pemain untuk mengisi posisi tersebut, jadi saya senang dengan permainannya di hari ini," ucapnya.

"Jadi kami ingin melanjutkan, tidak peduli siapa yang bermain sejak awal atau main di babak kedua, yang terpenting bisa memberi perubahan. Beckham ketika masuk juga memberi perubahan dan bagi saya itu hal bagus," jelasnya.

Melihat kualitas anak asuhnya yang merata, Bojan Hodak tidak khawatir untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, karena siapapun yang mendapat kesempatan bermain bakal berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

"Hal lainnya adalah tim memiliki 26 pemain, tidak peduli siapa yang menjadi sebelas pemain pertama, tapi penting juga pemain yang berada di bench," ucap Bojan.

"Itu karena ketika mereka masuk dan memberikan perbedaan maka itu yang paling penting," tegas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Sementara itu, kemenangan atas Madura United pada pekan ke-18 di Stadion Gelora Bangkalan, membuat Persib Bandung berhasil melanjutkan tren positif tidak terkalahkan di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Dengan kemenangan tersebut, maka tim kebanggaan Bobotoh tercatat tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Pasalnya, sebelumnya dalam 10 laga kompetisi Liga 1 2023-2024 skuad Maung Bandung berhasil meraih tiga kali imbang dan tujuh kemenangan.

Selain itu, Kemenangan atas Madura United di pekan ke-18 ini, sekaligus membuat Persib mampu meraih hasil maksimal dalam tiga laga tandang terakhir menghadapi Laskar Sape Kerrab di kompetisi Liga 1.

Pasalnya, pada dua pertemuan sebelumnya di laga tandang menghadapi Madura United, tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih kemenangan.

Pada kompetisi Liga 1 2021-2022, Madura United yang bermain sebagai tuan rumah di Stadion Manahan, Solo, 4 Desember 2021, harus mengakui keunggulan Persib dengan skor 0-1.

Kemudian pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Madura United kembali harus mengakui keunggulan skuad Maung Bandung dengan skor 0-1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, 20 Januari 2023.