Liga 1

Gol Perpisahan dan Fakta-Fakta Kepergian Gustavo Almeida dari Arema FC

Kamis, 9 November 2023 14:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gustavo Almeida dilepas Arema FC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gustavo Almeida dilepas Arema FC.

INDOSPORT.COM - Gustavo Almeida menandai perpisahannya dengan Arema FC melalui cara yang elegan, yakni menyumbang gol di laga kontra Persib Bandung yang berakhir imbang 2-2.

Gol pada menit 55 itu menghindarkan tim berjuluk Singo Edan dari kekalahan, melengkapi lesakan Dedik Setiawan pada menit 15 pada laga itu.

Sementara itu, Persib unggul 2 kali melalui penalti David Da Silva menit ke-8 dan aksi Ciro Alves menit 26 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (8/11/23).

Tidak ada yang menyangka, bahwa gol ke gawang tim berjuluk Maung Bandung ternyata bentuk perpisahan Gustavo Almeida dengan Arema FC di Liga 1 musim ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim yang sudah berjuang bersama-sama," tutur Gustavo saat mendampingi Fernando Valente dalam post-match press conference.

"Pertandingan yang sungguh tidak mudah karena kami tampil di hadapan suporter Persib. Tapi kami berhasil meraih 1 poin," sambung dia.

Kini, jersey bernomor 70 dipastikan sudah tidak ada lagi dalam line-up Arema FC pada 15 laga sisa putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Gustavo sudah tidak bisa ikut berjuang mengangkat Arema FC yang masih terpuruk di zona degradasi, setelah memutuskan hijrah ke Persija Jakarta.

"Saya berharap Arema FC segera kembali ke posisi atas," tandas striker yang datang dari Al-Nasr, klub kontestan Liga Kuwait awal 2023 lalu tersebut.

Aksi striker kebangsaan Brasil ini memang singkat, yakni hanya 4 bulan di Arema FC. Tapi ada sederat fakta yang patut diingat, apa saja?

Calon Top Skor

Gustavo Almeida menjadi calon terkuat peraih gelar top skor Liga 1 2023/2024 setelah konsisten memuncaki klasemen sejak pekan 1 hingga 19 berjalan.

Striker berusia 27 tahun itu kini memimpin top skor dengan 14 gol. Dia unggul atas David Da Silva (Persib Bandung) dan Alex Martins (Dewa United) dengan 12 gol.

Raja Penalti

Soccerway mencatat, Gustavo Almeida juga menjadi raja penalti dibalik 14 golnya saat ini. Dari jumlah itu, dia membobol gawang lawan 7 kali dari titik putih.

David Da Silva (Persib Bandung), Gustavo Tocantins (Barito Putera) dan Jefferson (Bali United) yang berada di urutan 4 besar dengan 3 kali eksekusi penalti.

Status Pinjaman

Uniknya, Gustavo yang tengah top level dilepas Arema FC bukan atas klausul penebusan. Tapi justru menempuh opsi peminjaman dengan Persija Jakarta.

Kemungkinan besar, Persija tinggal melanjutkan gaji sang pemain selama 8 bulan ke depan. Bisa jadi, Arema FC sudah tak sanggup lagi membayar gajinya.

3 Tim Setahun

Kepindahan ke Persija Jakarta membuat Gustavo Almeida mencatat rekor membela 3 tim berbeda dalam satu tahun selama 2023.

Dia berkiprah di Liga Primer Kuwait dengan membela Al-Nasr SC sejak Januari-Juni, lalu berlanjut di Arema FC pada Juli. Kini, dia berstatus striker Persija pada November 2023.