Piala Dunia

Kapten Man United Akui Kekuatan Brasil saat Inggis Digeprek di Piala Dunia U-17

Sabtu, 18 November 2023 15:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper Inggris, Tommy Setford mencoba mengahalau bola yang mengarah ke gawangnya pada laga ketiga fase grup C Piala Dunia U-17 2023 melawan Brasil di Stadion JIS, Jumat (17/11/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper Inggris, Tommy Setford mencoba mengahalau bola yang mengarah ke gawangnya pada laga ketiga fase grup C Piala Dunia U-17 2023 melawan Brasil di Stadion JIS, Jumat (17/11/23).

INDOSPORT.COM - Gelandang dan kapten Timnas Inggris U-17, Finley McAllister, mengakui ketangguhan Brasil U-17 setelah negaranya kalah tipis 1-2 di laga ketiga Grup C Piala Dunia U-17 2023, Jumat (17/11/23) di Jakarta Internasional Stadium (JIS). 

Pada laga semalam, Inggris U-17 tertinggal dua gol terlebih dahulu setelah Kaua Elias (43') dan Joao Pedro (54') membobol gawang T. Setford. Sedangkan satu-satunya gol tim Young Lions dicetak Tshisanga Ndala lewat titik penalti (71').

Menurut Finley, Brasil U-17 memang tim yang tangguh di Grup C. Apalagi, tim asuhan Phelipe Leal itu adalah juara bertahan Piala Dunia U-17 edisi sebelumnya.

Tidak heran, laga semalam berlangsung sengit dan itu membuat Finley sangat antusias, kendati Inggris U-17 menelan kekalahan.

“Ini sangat menguji kami, Kaledonia Baru, Iran dan Brasil. Seperti yang saya katakan beberapa hari lalu, mereka (Brasil) adalah raksasa internasional,” ujarnya.

“Kami menghormati mereka, kami tahu ini adalah pertandingan hebat untuk para penonton. Laga ini keras, semua tantangan kami hadapi dan menerimanya. Kami bangga pada diri kami sendiri, kami bekerja dengan baik hari ini (semalam-red),” kata Finley.

Meski kalah, Inggris U-17 tetap memuncaki klasemen sementara Grup C Piala Dunia U-17 2023. Mereka koleksi enam poin, hasil kemenangan atas Iran (2-1) dan Kaledonia Baru (10-0).

Sejatinya Inggris U-17 memiliki poin yang sama dengan Brasil U-17 dan Iran U-17. Namun, tim Young Lions unggul produktivitas gol jadi berhak di peringkat pertama. 

Dengan demikian, Grup C menyumbang tiga negara ke babak 16 besar, di mana Iran U-17 jadi salah satu peringkat tiga terbaik. 

Karena itu, Finley McAllister tak sabar menunggu lawan berikutnya di babak 16 besar. Kapten Manchester United U-18 itu sepenuhnya siap bertarung demi bawa pulang trofi Piala Dunia U-17 tahun ini.

“Kami menantikan babak selanjutnya, saya sudah katakan sebelum laga lawan Iran, laga-laga  selanjutnya adalah pertandingan yang masif. Apa yang terjadi selanjutnya, apa tantangan berikutnya, kami menantikan, dan fokus, berharap bisa mendapat hasil (bagus),” tuntasnya.

Dari tiga laga Grup C, Finley McAllister sudah bermain dua pertandingan yakni lawan Kaledonia Baru dan Brasil. Pada laga semalam, ia tampil sebagai starter selama 61 menit dan digantikan oleh Lewis Skelly.

Di babak 16 Piala Dunia U-17, Inggris kemungkinan besar akan melawan runner-up Grup D yakni Senegal U-17. Ini akan jadi laga menarik karena Senegal juga tangguh dengan raih dua kemenangan.