Liga Indonesia

Jadi Tim Pertama ke 12 Besar, Persela Bertekad Sapu Bersih Sisa 3 Laga

Senin, 20 November 2023 08:46 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Persela Lamongan lolos ke 12 besar Liga 2. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Persela Lamongan lolos ke 12 besar Liga 2.

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan menjawab tuntas ekspektasi suporter untuk mengamankan poin penuh pada pekan ke-10 Liga 2 musim 2023/2024.

Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu melumat perlawanan Persekat Tegal dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Surajaya Lamongan, Minggu (19/11/23).

"Puji syukur, kami meraih kemenangan berkat kerja keras seluruh pemain," ujar Pelatih Persela Lamongan, Djadjang Nurdjaman, saat post-match press conference.

"Pertandingan sempat panas. Kami tertinggal 1 gol, kemudian bisa membalas 3 gol karena emosi yang mulai mereda," sambung dia.

Ya, Persekat Tegal memang memberi perlawanan sengit kepada tuan rumah. Tim asal pesisir utara Jawa Tengah unggul melalui gol Kahar menit 42.

Namun, satu pelanggaran berakibat fatal di kotak penalti. Kim Do-hyun lalu menyamakan skor dari titik putih pada menit 45.

Persela akhirnya menemukan momentum bagus. Dua gol susulan kemudian dilesakkan Zulham Zamrun pada menit 63 disusul Jonathan Campbell menit 76.

Kemenangan ini lantas membuat Persela jadi tim pertama yang memastikan diri berlaga di babak 12 besar alias Championship pada tahun depan.

Persela mengunci posisi Juara Grup 3 dengan 22 poin dari 9 laga. Kini, 2 tiket tersisa diperebutkan Deltras FC (13 poin), Gresik United (12), dan Persijap Jepara (10).

"Kami pasti ke 12 besar. Ini awal dari langkah besar kami untuk meraih target kembali (promosi) ke Liga 1," ungkap Djadjang Nurdjaman.

Sapu Bersih

Lolos dengan status juara grup plus menyisakan 3 laga ke depan, membuat Persela Lamongan setidaknya terbebas dari beban tinggi.

Namun, Djadjang Nurdjaman menegaskan bahwa tim asuhannya pantant untuk mengendur. Dia bahkan bertekad untuk melakukan aksi sapu bersih.

"Kepastian lolos ke babak 12 besar bukan berarti kami akan berleha-leha. Kami masih punya 3 laga, 2 kali home dan 1 kali away," tutur dia.

Ya, selepas kemenangan 3-1 atas Persekat Tegal, Silvio Escobar dkk memang masih punya 3 laga lagi untuk dimenangkan.

Persela bahkan melakoni 2 kali Derbi Jatim, yaitu saat away ke markas Gresik United (25/11/23) dan home menjamu Deltras FC (30/11/23).

"Tiga laga itu harus kami maksimalkan meraih poin. Sekali lagi, kami tidak akan melepas laga sisa meski sudah lolos," ungkap eks pelatih Persebaya tersebut.

Sementara itu, laga terakhir juga berlangsung di kandang menjamu Persipa Pati (17/12/23) mendatang. Hanya saja, Persela belum pasti bertanding di Stadion Surajaya Lamongan.

Pasalnya, stadion kebanggaan masyarakat Kota Soto itu hendak dilakukan renovasi. Bisa jadi, Persela akan bertanding di luar Lamongan saat melawan Persipa Pati.