Bursa Transfer

Lepas Eks Persija, Persik Kediri Rekrut Irfan Bachdim Perkuat Lini Serang

Senin, 20 November 2023 16:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Persik Kediri merekrut Irfan Bachdim untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024. (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri merekrut Irfan Bachdim untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri melanjutkan aktivitas bongkar pasang pemain pada bursa transfer periode kedua Liga 1 2023/2024 yang berlangsung selama November ini. 

Lini serang menjadi perhatian serius dari tim berjulukan Macan Putih. Alasan itu lah yang membuat Persik kemudian mendatangkan Irfan Bachdim.

Striker yang turut membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010 itu sebelumnya berstatus tanpa klub, pasca merampungkan kontrak dengan Persis Solo.

Kendati hampir 5 bulan tak berlatih maupun bertanding secara kompetitif, tapi itu tak mengurangi keyakinan Persik Kediri untuk mendatangkannya.

"Irfan punya kualitas untuk membantu tim dan pernah ikut berlatih dengan tim sebelumnya," ungkap Pelatih Persik, Marcelo Rospide melalui rilis klub Senin (20/11/23).

Jam terbang tinggi membuat pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu dinilai mampu mengatasi tekanan. Kehadirannya diharapkan membimbing pemain muda.

"Tim saat ini menyisakan Faris Aditama (35 tahun) sebagai sosok pemain senior, selain Taufiq (36) punya kesibukan lain sebagai pelatih akademi," beber Rospide.

"Kami butuh dia untuk menularkan pengalaman baik di timnas maupun level tertinggi kepada pemain muda di Persik," imbuh Rospide perihal pemain 35 tahun tersebut.

Irfan Bachdim sebelumnya memang pernah mencapai level tertinggi ketika membela Bali United (2017-2020). Dia meraih trofi juara Liga 1 pada musim 2019.

Dia juga sempat mengecap pengalaman berkarier di luar negeri selepas tampil untuk Persema Malang. Diantaranya memperkuat Chonburi FC Thailand (2013) dan Ventforet Kofu Jepang (2014).

Lepas Gunawan Dwi Cahyo

Satu hari sebelumnya, Persik Kediri juga kembali mengurangi komposisi pemain bertahan di skuatnya. Gunawan Dwi Cahyo (GDC) dilepas atas kesepakatan bersama.

Keputusan ini diambil demi efisiensi tim atas gemuknya skuat yang dimiliki. Lagipula, keberadaannya juga tak terlalu memberi efek nyata di sektor pertahanan.

Eks bek Bali United itu hanya tampil dalam 2 laga sepanjang kompetisi Liga 1 musim ini. Catatan caps itu terdiri atas 1 kali sebagai starter dan 1 kali turun dari bench.

Pencoretan ini sebagai salah satu penegas bahwa keputusan klub sama sekali tak terpengaruh oleh isu miring perihal kehidupan pribadi GDC yang tengah disorot publik.

"Manajemen klub dan tim Persik Kediri mengucapkan terima kasih atas kontribusi Gunawan Dwi Cahyo selama ini," bilang Marcelo Rospide.

Bek yang turut bersama timnas U-23 meraih Medali Perak di Sea Games 2011 Jakarta itu menjadi nama ketiga yang dilepas Persik Kediri pada bursa transfer kali ini.

Sebelumnya, Persik melepas Rendy Juliansyah dan Kurniawan Kartika Ajie ke Persita Tangerang. Rendy menjalani pinjaman, sedangkan Ajie kontraknya tak diperpanjang.

Sementara Irfan Bachdim juga menjadi pemain ketiga yang direkrut dalam bursa transfer, setelah Miswar Saputra (tanpa klub) dan Ahmad Nuri Fasya (Persebaya Surabaya).