Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Borneo FC Coret Striker Asing, Persebaya 'Tendang' Pelatih

Selasa, 21 November 2023 16:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© @borneofc.id
Borneo coret striker Asingnya di Liga 1, Jelle Goselink. (Foto: @borneofc.id) Copyright: © @borneofc.id
Borneo coret striker Asingnya di Liga 1, Jelle Goselink. (Foto: @borneofc.id)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Borneo FC, akhirnya mengumumkan nasib salah satu striker asing, Jelle Goselink. Dia resmi dilepas ke klub Kamboja, Phnompenh Crown dengan status pinjaman.

Sebelumnya, nama Jelle sudah tidak terdaftar di skuad Pesut Etam di website PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku pengelola kompetisi Liga 1. Dia digantikan oleh gelandang asal Belanda, Wiljan Pluim.

“Secara resmi Borneo FC Samarinda meminjamkan Jelle ke klub asal Kamboja, Phnompenh Crown,” demikian rilis Borneo FC. 

Setelah melepas Jelle Goselink, Borneo FC juga bergerak cepat mendatangkan striker baru. Sosok anyar itu adalah Habibi Jusuf yang direkrut dari klub Liga 2, Sriwijaya FC.

Habibi dikontrak lantaran tim asuhan Pieter Huistra tidak punya banyak stok penyerang murni. Dia akan mengisi pos yang ditinggalkan Ahmad Nur Hardianto yang tengah cedera.

“Borneo FC Samarinda secara resmi mendatangkan penyerang berusia 25 tahun, Habibi Jusuf. Sebelumnya, dia membela Sriwijaya FC di Liga 2 musim 2023/2024 dengan catatan enam kali main, 5 gol dan 2 assist,” demikian pernyataan Borneo FC.

Klub Liga 1 asal Kalimantan lainnya, Barito Putera, juga meresmikan striker baru asal Brasil, Devid Silva. Pemain 27 tahun itu sebelumnya bermain di Liga Malaysia bersama Kelantan United.

“Our number 9 has landed in Bumi Lambung Marukat- welcome to Banjarmasin, Devid Santana de Silva,” demikian rilis Barito Putera.

Dengan kedatangan Devid Silva, maka tim asuhan Rahmad Darmawan akan melepas satu pemain asing, lantaran tim saat ini sudah full kuota atau punya enam pemain asing. Nama yang kabarnya dibuang adalah Makan Konate, Carli de Murga hingga Mike Ott.

Selain itu, Barito Putera juga melepas dua pemain muda dengan status pinjaman ke klub Liga 2. Keduanya adalah kiper muda, Mario Londok dan stiker, Afdal Yusra. 

Beralih ke klub Jawa Timur, Persik Kediri telah memperkenalkan penyerang baru yakni Irfan Bachdim. Eks Timnas Indonesia itu bahkan sudah berlatih bersama tim Macan Putih. 

Tak hanya itu, Persik juga baru saja mendapatkan tambahan tenaga baru yakni gelandang Portugal, Ze Valente. Dia direkrut dengan status pinjaman dari Persebaya Surabaya.

Namun, kedatangan Ze Valente nampaknya akan memakan korban. Persik harus melepas salah satu pemain asing yang ada sebelumnya, karena regulasi hanya mengizinkan enam pemain asing (4 bebas, 1 Asia dan 1 ASEAN). 

Di sisi lain, Persebaya Surabaya terus melakukan perombakan tim. Setelah lepas 13 pemain, termasuk yang terbaru Ze Valente ke Persik Kediri, Bajul Ijo juga lakukan kejutan dengan melepas pelatih kepala, Josep Gombau.

“Persebaya telah mencapai kesepakatan dengan coach Gombau untuk mengakhiri kerja sama. Persebaya berterima kasih atas dedikasi coach Gombau, termasuk membawa Persebaya menang dalam pertandingan lawan Arema FC,” tulis Persebaya di akun resmi Instagram.