In-depth

Daftar Transfer Terbaik Klub Liga 1 di Putaran Pertama Musim 2023/24

Senin, 27 November 2023 12:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© MO Arema FC
Pemain Arema FC, Gustavo Almeida saat melawan Borneo FC di laga BRI Liga 1.  (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Pemain Arema FC, Gustavo Almeida saat melawan Borneo FC di laga BRI Liga 1. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM – Deretan transfer terbaik klub-klub Liga 1 sepanjang putaran pertama musim 23/24. PSIS Semarang dan Rans Nusantara curi perhatian.

Pada gelaran Liga 1 musim 23/24, banyak tim yang melakukan perombakan besar-besaran terutama klub papan bawah musim lalu seperti Dewa United dan RANS Nusantara.

Demi terhindar dari jeratan zona degradasi, kedua tim tersebut melakukan copot-pasang skuat jelang kompetisi bergulir.

RANS Nusantara misalnya, klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo tersebut tercatat telah mendatangkan hampir 20 pemain lebih pada awal musim kemarin.

Tak hanya mengganti pemain, RANS Nusantara juga mendepak Rodrigo Santana dari kursi kepelatihan dan merekrut Eduardo Almeida.

Perubahan besar-besaran RANS Nusantara terbukti ampuh mengangkat performa tim. Terbukti hingga pekan ke-20 Liga 1, tim berjuluk The Phoenix itu masih bertengger di urutan lima klasemen.

RANS Nusantara hanya berjarak tiga poin dari PSIS Semarang di posisi keempat, atau batas akhir untuk tampil di babak Championship Series.

Selain RANS Nusantara, ada beberapa tim lain yang terbilang sukses di bursa transfer dengan mendatangkan pemain-pemain dan langsung bersinar sepanjang putaran pertama.

Lantas siapa sajakah rekrutan terbaik klub Liga 1 22/23 pada putaran pertama tersebut? Berikut INDOSPORT merangkum:

Murilo Otavio Mendes (Barito Putera)
Nama pertama adalah Otavio. Pemain asal Brasil ini didatangkan Barito Putera dari klub Serie C Italia, Virtus Francavilla Calcio.

Meski baru menjalani debut di Liga Indonesia, namun Otavio mampu membuktikan kualitasnya sebagai predator mematikan di kotak penalti.

Tercatat, pemain 28 tahun tersebut sudah mencetak 6 gol dan memberikan dua assist dari total 19 pertandingan buat Laskar Antasari.

Torehan gol tersebut turut membawa Barito Putera bertengger di urutan 7 klasemen dengan raihan 28 poin. Hanya berjarak enam angka dari PSIS di urutan empat.

Alex Martins Ferreira (Dewa United)
Diboyong dari Bhayangkara FC usai tampil gemilang di putaran kedua Liga 1 musim lalu, performa Alex Martins Ferreira berhasil memukau para penggemar Dewa United musim ini.

Pasalnya, Alex Martins Ferreira langsung jadi ujung tombak andalan Tangsel Warrior dengan torehan 12 gol dari 20 pertandingan.

Sama seperti nama sebelumnya, ketajaman Alex Martins pun turut membantu Dewa United terhindar dari zona degradasi dan kini bertengger di urutan 11 klasemen.

© MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Francisco Rivera usai mencetak gol ke gawang Arema FC. (Foto: MO Madura United) Copyright: MO Madura UnitedSelebrasi pemain Madura United, Francisco Rivera usai mencetak gol ke gawang Arema FC. (Foto: MO Madura United)

Francisco Rivera (Madura United)
Datang dari klub KF Llapi di kasta teratas Liga Kosovo, kualitas Francisco Rivera ternyata cukup apik dan mampu beradaptasi di iklim sepak bola Tanah Air.

Terbukti, gelandang asal Meksiko tersebut jadi motor serangan Madura United dan telah menyumbang 4 gol dan 4 assists dari 19 pertandingan.

Francisco Rivera juga sempat membawa Madura United bertengger di puncak klasemen Liga 1 dari pekan ke-6 hingga pekan 13.

Gustavo Almeida dos Santos (Arema FC)
Pemain asal Brasil ini berhasil menarik perhatian para penggemar Liga 1 usai penampilan apiknya bersama Arema FC sepanjang putaran pertama.

Diboyong dari klub Al-Nasr, striker 27 tahun itu langsung menggila dengan torehkan 14 gol dari total 16 pertandingan. Jumlah gol tersebut membawa nama Gustavo Almeida bertengger di urutan teratas top skor Liga 1 23/24.

Sayangnya, prestasi apik Gustavo masih belum bisa membawa Arema FC bersaing di tangga juara, malah kini Singo Edan terdampar di urutan 16 dengan raihan 18 angka.

Gali Freitas (PSIS Semarang)
Didatangkan dengan niat awal untuk melengkapi slot kuota pemain ASEAN, namun siapa sangka Gali Freitas justru tampil menggila buat PSIS Semarang.

Total hingga pekan ke-20, Gali Freitas sudah tampil sebanyak 18 pertandingan dan mencetak 8 gol serta memberikan 3 assist buat Laskar Mahesa Jenar.

Gali Freitas juga jadi salah satu kunci keberhasilan PSIS bertengger di urutan empat dan berpeluang besar lolos ke babak Championship Series musim ini.