Liga 1

Away ke Solo Batal, Madura United Alihkan Fokus Laga Home vs Barito Putera

Jumat, 1 Desember 2023 19:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Madura United
Madura United mesti merubah kembali seluruh program tim, usai mendapat kabar atas pembatalan jadwal laga away ke markas Persis Solo. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Madura United mesti merubah kembali seluruh program tim, usai mendapat kabar atas pembatalan jadwal laga away ke markas Persis Solo. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United mesti merubah kembali seluruh program tim, usai mendapat kabar atas pembatalan jadwal laga away ke markas Persis Solo. 

Sedianya, laga pada pekan ke-21 Liga 1 2023/2024 itu akan digelar di Stadion Manahan Solo Selasa (5/12/23) selepas final Piala Dunia U-17.

Namun, pihak Persis Solo memastikan bahwa laga batal digelar. Laga harus ditunda karena ada perubahan perizinan untuk menggunakan Stadion Manahan Solo.

Madura United sendiri menanggapi pembatalan laga ini dengan lapang dada. Kendati secara teknis, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab mesti merubah program tim lagi.

"Kami juga kaget mendengar tentang ditundanya jadwal laga melawan Persis Solo yang awalnya digelar Selasa, 5Desember," ucap manajer tim, Umar Wachdin Jumat (1/12/23).

Padahal, Mauricio Souza sudah menjalani persiapan dengan fokus tinggi melawan Persis Solo. Kini, fokus itu harus dirubah kembali setelah laga batal digelar.

Dan secara non teknis, Madura United jelas dirugikan karena sudah melakukan konfirmasi perihal penginapan tim sejak jauh-jauh hari di Solo.

"Kami telah mempersiapkan semuanya, mulai program latihan, transportasi dan akomodasi," beber figur asli Pamekasan, Madura tersebut.

Akibat pembatalan itu, semua hal perihal kepentingan tim harus dijadwal ulang lagi. Kendati Madura United juga belum tahu kapan jadwal pengganti laga.

"Kami belum terima surat resminya. Kami berharap jadwal yang baru tidak merugikan karena jarak yang berdekatan dengan jadwal laga lainnya," ungkap Umar Wachdin.

Fokus Jadwal Home

Madura United pun langsung mengalihkan fokusnya untuk melakoni jadwal selanjutnya. Yaitu laga home menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (10/12/23).

Laga ini sekaligus menjadi akhir dari jadwal Madura United selama Desember 2023. Lantaran kompetisi Liga 1 baru akan berlanjut lagi pada Februari 2024 mendatang.

Di sisi lain, laga menjamu Barito Putera juga bisa dijadikan momentum untuk bangkit. Terlebih, sudah cukup lama Hugo Gomes Jaja dkk tak merasakan kemenangan.

Terakhir kali tim asal pulau garam ini merasakan 3 poin adalah saat mengalahkan PSM Makassar 2-0 di Parepare (8/10/23). Setelah itu, hanya 1 kali imbang dan 4 kalah.

"Kami harus meminimalkan setiap kesalahan, karena jika tidak, kami harus membayar mahal," ujar Pelatih Madura United, Mauricio Souza.

Faktor itulah yang menjadi penyebab hilangnya 3 angka saat menjamu Bali United (23/11/23). Madura United menelan kekalahan dengan skor 1-3.

Kini, Madura United harus berjuang ekstra keras untuk kembali bersaing menuju 4 besar klasemen. Mereka kini tergusur ke peringkat 6 dengan 31 angka.

Padahal, anak asuh Mauricio Souza sebelumnya berdiri gagah sebagai pemuncak klasemen Liga 1. Predikat itu mereka capai selama 8 pekan beruntun di putaran pertama lalu.