Timnas Indonesia

Pro Kontra PSSI Doyan Naturalisasi, Lebih Utamakan Anak Bangsa

Rabu, 6 Desember 2023 21:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justin Hubner saat memberikan sedikit pernyataan usai pengambilan sumpah sebagai WNI di kantor Kemenkumham, Rabu (06/12/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justin Hubner saat memberikan sedikit pernyataan usai pengambilan sumpah sebagai WNI di kantor Kemenkumham, Rabu (06/12/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Satu lagi pemain keturunan akhirnya sah menjadi seorang WArga Negara Indonesia (WNI). Dia adalah Justin Hubner yang hari sah menjadi seorang Warga Negara Indonesia.

Justin Hubner sah menjadi WNI usai menjalani prosesi pengambilan sumpah sebagai WNI di Kemenkumham DKI Jakarta.

Justin Hubner pun melengkapi beberapa pemain keturunan yang terlebih dahulu di naturalisasi oleh PSSI. Mereka antara lain Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner

Ternyata tak berhenti di Justin Hubner PSSI untuk melakukan naturalisasi. Sebab selepas Justin Hubner PSSI akan menaturalisasi Nathan Tjoe A-On dan Jay Idzes.

Namun proses naturalisasi Justin Hubner ternyata banyak menuai pro kontra. Setidaknya pertanyaan naturalisasi Justin Hubner mendapat penentangan dari Komisi X DPR RI.

Yakni Pada rapat itu, setiap anggota dari Komisi X DPR RI mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Dari Partai Nasdem, ada Mohammad Haerul Amri yang melontarkan kritik pedas terhadap proses naturalisasi ini.

Menurut Mohammad Haerul Amri, PSSI harus menimbang ulang program naturalisasi pemain. Apalagi, dia melihat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga punya program pembinaan yang harus didukung penuh.

"Apa yang telah menjadi target Pak Menteri (Dito Ariotedjo) dengan berbagai macam banyak varian skema pembibitan itu antara lain adalah tarkam itu ya saya kira itu jauh lebih penting ketimbang naturalisasi," kata Haerul Amri.

Selain itu, Haerul menilai sejatinya PSSI mencari orang asli Indonesia yang merupakan anak bangsa Indonesia.

"Lebih baik kita mencari orang Indonesia yang betul-betul asli dengan modal yang sangat murah dan itu bisa dirasakan langsung oleh para anak bangsa ini ketimbang hanya 'mengaku-ngaku' karena dia keturunan Indonesia sementara bayarannya juga tidak toleran," sambung Haerul Amri.

Haerul Amri sempat merasa belum ada prestasi yang sebanding dari proses naturalisasi yang selama ini dilakukan. Haerul Amri melihat pengeluaran dan prestasi masih belum seimbang.

"Kita harus punya batas waktu sampai kapan sih ini naturalisasi. Kalau saya sepakat ya hari ini terakhir saja naturalisasi," tegas Haerul.

Namun meski melontarkan kritikan pedas, akhirnya Haerul menyetujui semua proses naturalisasi Justin Hubner dan akhirnya kini sudah diambil sumpah sebagai WNI.

“Saya atas nama Fraksi Partai Nasdem menyetujui terhadap naturalisasi kepada saudara kita Jay Idzes dan saudara Nathan Tjoe A On. Terima kasih. Mudah-mudahan ini membawa prestasi bagi kita semua," ucap Haerul Amri