Liga 1

Kesan Eks Juventus Stefano Beltrame Jalani Debut Bersama Persib Bandung

Kamis, 7 Desember 2023 10:22 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib, Stefano Beltrame menjalani debutnya di kompetisi Liga1 2023-2024 saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (04/12/23) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib, Stefano Beltrame menjalani debutnya di kompetisi Liga1 2023-2024 saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (04/12/23)

INDOSPORT.COM - Gelandang anyar Persib Bandung, Stefano Beltrame, mengaku senang dan terharu saat menjalani debutnya di kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi PSM Makassar, Senin (04/12/23).

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung tersebut Stefano Beltrame tampil sebagai pemain pengganti di menit 71 menggantikan Beckham Putra Nugraha.

Mantan pemain Juventus ini, mengaku terkesan dengan pertandingan perdananya bersama Persib, pasalnya dia menilai Stadion GBLA memiliki kualitas yang bagus ditambah lagi hadirnya Bobotoh, membuat atmosfer laga tersebut menjadi luar biasa.

"Sungguh luar biasa melakukan debut saya di stadion yang bagus dengan penggemar yang sangat besar, saya sangat senang dan terharu," kata Stefano Beltrame.

Pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024 tersebut, Persib gagal meraih poin penuh lantaran hanya mampu bermain imbang dengan PSM Makassar tanpa gol.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini menuturkan, secara permainan timnya memang gagal meraih poin penuh, namun jika melihat penampilan Persib Stefano Beltrame menilai skuad Maung Bandung seharusnya bisa mengamankan poin penuh.

Selain itu, Stefano Beltrame menilai PSM Makassar merupakan tim yang bermain disiplin dan memiliki pertahanan yang kuat, sehingga meski hasil imbang tidak sesuai dengan harapan namun patut untuk disyukuri.

"Mengenai hasil, saya pikir kami pantas mendapatkan lebih. Mereka adalah tim tuff, terorganisir dengan baik dalam pertahanan," ucapnya.

Setelah pertandingan tersebut, Stefano Beltrame langsung fokus mempersiapkan diri untuk melakoni laga selanjutnya di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Persik Kediri di pekan ke-22.

"Namun terkadang hal itu bisa terjadi, sekarang kami harus bekerja lebih keras dan memikirkan pertandingan selanjutnya," tegas Stefano Beltrame.

Sementara itu, sebelumnya pelatih Persib, Bojan Hodak menuturkan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut masih membutuhkan waktu beradaptasi, pasalnya ada perbedaan cuaca antara Italia dan Indonesia.

Selain itu, Stefano Beltrame juga baru pertama berkarier di Indonesia, sehingga dia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan gaya bermain di tim Maung Bandung.

"Saya katakan tadi, dia datang dari cuaca yang berbeda dan gaya sepakbola yang berbeda. Jadi dia butuh waktu untuk menyatu," ucap Bojan Hodak setelah pertandingan.

Meski eks Juventus ini hanya bermain sekitar 20 menit pada pertandingan menghadapi PSM Makassar, namun Bojan Hodak menilai kualitas permainan dari Stefano Beltrame sudah terlihat.

Sehingga, mantan pelatih PSM Makassar ini merasa optimis kehadiran Stefano Beltrame bisa membantu Skuad Maung Bandung yang saat ini sedang bersaing untuk tetap berada di papan atas klasemen Liga 1 2023-2024.

"Tapi apa yang tadi ditunjukan dalam 15-20 menit dia punya operan dan sentuhan yang bagus, dia bisa mengontrol bola. Jadi dia bisa tentu saja bisa membantu kami, tapi masih butuh waktu untuk beradaptasi," jelasnya.

Seperti diketahui, Stefano Beltrame didatangkan oleh skuad Maung Bandung untuk mengisi posisi Levy Madinda yang durasi peminjamannya sudah berakhir dan dikembalikan ke klub lamanya Johor Darul Takzim.

Selain Stefano Beltrame, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 Persib juga mendatangkan penjaga gawang asal Filipina, Kevin Ray Mendoza. 

Meski demikian, pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi Liga 1 2023-2024, Kevin Ray Mendoza tidak diturunkan oleh Bojan Hodak lantaran posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Teja Paku Alam.