Liga 1

Mengulik 3 Kandidat Pemain Pengganti Dusan Stevanovic di Laga Persebaya vs Persija

Kamis, 7 Desember 2023 04:29 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Josep Gombau menjelaskan alasan kepada Paulo Victor tidak menjadi eksekutor penalti Persebaya pada pekan ke-15 laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, (07/10/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Persebaya, Josep Gombau menjelaskan alasan kepada Paulo Victor tidak menjadi eksekutor penalti Persebaya pada pekan ke-15 laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, (07/10/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Mengulik tiga kandidat pemain pengganti Dusan Stevanovic pada laga Persebaya vs Persija yang berlangsung Sabtu (9/12/23) mendatang.

Persebaya Surabaya bakal tampil kurang maksimal ketika menghadapi Persija Jakarta, Sabtu (9/12/23) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Klub berjuluk Bajul Ijo ini harus kehilangan bek tangguh, Dusan Stevanovic karena cedera pada bagian ankle.

Nah dengan absennya Dusan itu artinya ada satu posisi kosong di lini belakang Persebaya Surabaya.

Salah satu dari tiga pemain Bajul Ijo yakni, Kadek Raditya, Riswan Lauhin, dan Roy Ivansyah  bisa menggantikan Dusan Stevanovic.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai tiga pemain belakang Persebaya Surabaya.

Kadek Raditya

Kadek Raditya menjadi salah satu pilar di lini pertahanan Persebaya Surabaya yang tidak tergantikan, sebelum hadirnya Yan Victor.

Pemain 24 tahun ini telah tampil sebanyak 16 kali untuk sementara ini. Menariknya dari 16 kali penampilannya itu dia sudah mencetak satu gol.

Gol tersebut dia cetak pada saat Persebaya menghadapi RANS Nusantara FC, Senin (24/7/23) lalu di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Selain itu, Kadek sebagai pemain belakang ternyata dikenal disiplin. Melansir situs resmi LIB, dia tercatat hanya mendapatkan satu kartu kuning dan sembilan pelanggaran.

Kemudian untuk performa sebagai pemain belakang, mantan pemain Madura United ini juga disiplin menjaga posnya. Tercatat dia sukses melakukan 22 tackles, 74 interceptions, dan 40 clearances.

Riswan Lauhin

Riswan Lauhin memang jarang mendapatkan kepercayaan pelatih menghuni pemain inti Persebaya.

Pemain 25 tahun ini masuk sebagai pemain pengganti. Meski begitu dia mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan tampil apik dalam 12 pertandingan hingga saat ini.

Dari 12 pertandingan. Riswan Lauhin sudah melakukan 11 tackles, 19 interceptions, dan 12 clearances.

Kemudian dia juga sempat melakukan dua kali percobaan tendangan, meskipun belum berhasil mengarah ke gawang.

Roy Ivansyah  

Roy Ivansyah merupakan pemain baru Persebaya Surabaya. Sebelumnya dia membela Bajul Ijo U-18.

Pemain 22 tahun ini belum memiliki catatan bermain karena memang masuk ke Persebaya pada saat bursa transfer paruh musim.

Meski demikian, dia sempat membela sejumlah klub asal Jawa Timur. Roy pernah membela akademi Deltras FC, Persebaya U-18, dan terakhir di Persekabpas Pasuruan.

Dusan Absen 4 Pekan

Dokter Persebaya Surabaya Ahmad Ridhoi menjelaskan, Dusan Stevanovic harus istirahat selama empat pekan karena cedera ankle.

“Angkle-nya mengalami twist (terkilir). Terus ya dia merasa sakit,” jelasnya.

“Kami tidak mau terburu-buru dalam memeriksa. Tetapi kemungkinan dia bakal absen selama empat pekan,” lanjut dokter yang baru saja lulus gelar S2 ini.

Kondisi Dusan saat ini berdasarkan keterangan dokter tim dalam keadaan sehat. Pemain Serbia ini terus dipantau oleh tim fisioterapi.

“Alhamdulillah tidak terlalu parah. Tapi kami memang harus evaluasi hari per hari,” beber Dokter Ridhoi.