Liga Indonesia

Imbangi Gresik United di Derby Jatim Liga 2, Persela Catatkan Rekor Mentereng

Jumat, 8 Desember 2023 13:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persela
Persela Lamongan sukses menahan imbang Gresik United dalam Derby Jatim Liga 2 di Stadion Soepriadi Blitar, Rabu (6/12/23). Copyright: © MO Persela
Persela Lamongan sukses menahan imbang Gresik United dalam Derby Jatim Liga 2 di Stadion Soepriadi Blitar, Rabu (6/12/23).

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan sukses menahan imbang Gresik United dalam Derby Jatim Liga 2 di Stadion Soepriadi Blitar yang berlangsung tanpa penonton, Rabu (6/12/23).

Derby Jatim ini merupakan laga tunda yang seharusnya digelar pada Rabu (23/11/23) lalu. Namun, jadwal kedua tim kemudian digeser pasca kerusuhan suporter.

Sudah begitu, drama masih terjadi. Yaitu pemindahan venue ke Blitar, setelah Gresik United tak mendapatkan izin menggelar laga di Stadion Gelora Joko Samudro.

"Selesai sudah laga menghadapi Gresik United. Kami gagal meraih 3 poin, hanya 1 poin," ucap Pelatih Persela, Djajang Nurjaman dalam post-match press conferrence.

Sayang, Derby Jatim yang tertunda itu gagal menyajikan permainan seru. Kedua tim tampil stagnan dan hampir tak ada peluang membahayakan di depan gawang lawan.

Persela Lamongan yang sudah lolos ke babak 12 besar, berkomitmen untuk menurunkan formasi terbaiknya. Zulham Zamrun dkk sukses mematahkan permainan ngotot lawan.

"Ya, permainan yang diprediksi seru, tapi kedua tim minim peluang. Permainan juga banyak berkutat di lini tengah," ulas pelatih yang sempat membesut Persib Bandung itu.

Namun karena sudah tak memiliki kepentingan apapun, Persela seperti main aman untuk menghindari resiko kebobolan dan kekalahan.

"Mungkin ada sedikit (penurunan motivasi) dari pemain setelah kami lolos. Tapi memang lawan juga bermain bagus," imbuh Djajang Nurjaman.

Bagi Persela, membawa pulang 1 angka sudah cukup baik. Tim berjulukan Laskar Joko Tingkir, hasil ini mencatat rekor mentereng di Liga 2, apa saja?

Poin Tertinggi

Hingga merampungkan pekan ke-13, Persela mencatat perolehan poin tertinggi di Liga 2, yakni 25 poin dari 10 pertandingan plus memuncaki klasemen Grup 3. 

Urutan berikutnya disusul 3 tim lain. Semen Padang, FC Bekasi City dan PSBS Biak memuncaki klasemen grup masing-masing dengan perolehan 23 poin.

Tak Terkalahkan

Hasil imbang 0-0 versus Gresik United juga menjadikan Persela Lamongan sebagai tim tangguh. Mereka tak terkalahkan dalam 8 laga (6 kali menang, 2 imbang).

Bahkan, gawang Samuel Reimas juga mencatat clean sheet dalam 2 laga terakhir. Secara total, gawang Persela clean sheet dalam 7 pertandingan Liga 2.

Raja Derby Jatim

Tim Laskar Joko Tingkir juga layak dinobatkan sebagai raja Derby Jatim. Lee Yujun dkk tak terkalahkan dalam 4 laga derby melawan 2 tim sesama Jatim.

Persela tak terkalahkan lawan Gresik United, menang 1-0 dan imbang 0-0. Persela lalu menyapu bersih 6 poin atas Deltras FC dengan kemenangan 1-0 dan 1-0. 

Tim Tangguh

Persela juga menjadi tim paling tangguh sepanjang 13 pekan kompetisi Liga 2 2023/2024 berjalan. Gawang Persela cuma kebobolan 4 gol lawan dari 10 laga.

Urutan kedua dicapai Persiraja Aceh, yang kebobolan 5 kali dari 10 laga. Setelah itu ada Gresik United, Perserang Serang dan PSKC Cimahi (7 gol).