Liga 1

Persik Kediri Ukir 3 Catatan Penting Usai Taklukkan Persib Bandung di Liga 1

Senin, 11 Desember 2023 08:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Persik Kediri
Ilustrasi - para pemain Persik Kediri saat berada di lapangan. Copyright: © MO Persik Kediri
Ilustrasi - para pemain Persik Kediri saat berada di lapangan.

INDOSPORT.COM - Euforia Persik Kediri bak serasa juara kala wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura, meniupkan peluit panjang tanda laga kontra Persib Bandung usai.

Bukan tanpa alasan jika euforia tim berjulukan Macan Putih begitu tinggi. Pasalnya, mereka sukses meruntuhkan keangkeran Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Ze Valente dkk dengan mantap mengandaskan misi sapu bersih poin tim tuan rumah lewat kemenangan 2-0 pada pekan ke-22 Liga 1, Minggu (10/12/23).

"Kami menjalani malam yang indah. Kemenangan yang tidak akan pernah kami lupakan," ungkap Marcelo Rospide saat post-match press conference.

"Kami melalui pertandingan yang tidak mudah. Karena kami tahu, Persib adalah salah satu tim tangguh di kompetisi ini," tambah pelatih Persik Kediri asal Brasil itu.

Poin penuh yang direngkuh Persik memang tak bisa lepas dari faktor keberuntungan. Bagaimana tidak, Persib tampil agresif dengan menghadirkan banyak peluang.

"Persib menekan kami dengan intensitas tinggi. Kami memaksimalkan serangan balik hingga mampu mencetak gol," Rospide menerangkan.

Duo Brasil kali ini jadi pahlawan kemenangan Persik. Renan Silva membuka skor dari penalti menit 48 yang dilengkapi set piece Anderson Nascimento menit 59.

"Kunci kemenangan tak lepas dari bagaimana pemain saling mendukung untuk menahan segala tekanan," tandas eks pelatih Meizou Hakka di Liga 2 Tiongkok itu.

Kemenangan atas Persib Bandung tak cuma berujung 3 poin. Berikut adalah 3 catatan penting yang ditorehkan Persik Kediri usai kemenangan di Bandung.

Revans Sukses

Kemenangan 2-0 atas Persib Bandung membuat Persik Kediri sukses melakukan revans atas kekalahan dalam pertemuan pertama di Liga 1 musim ini.

Persik sebelumnya sangat kecewa terhadap kekalahan 1-2 kala menjamu Persib Bandung di Stadion Brawijaya Kediri (28/7/23) lalu.

De Javu

Tim Macan Putih juga melakukan deja vu pasca melumat Persib 2-0, Minggu (10/12/23). Musim lalu, Renan Silva dkk juga membekap Persib dengan skor identik (8/3/23).

Kemenangan itu membuat Persik memungkasi superioritas Persib di era Liga 1. Bertemu 3 kali sejak 2021, Persik hanya 1 kali imbang dan 2 kali kalah.

Runtuhkan Rekor

Catatan tak kalah penting lainnya adalah bagaimana Persik menjadi tim yang meruntuhkan rekor fantastis Persib Bandung, yang tak terkalahkan dalam 14 laga.

Selama periode itu, David Da Silva dkk tampil tangguh dengan meraup total 33 poin. Rinciannya adalah 9 kali menang, 5 kali imbang, dan tanpa kalah.

Renan Tebus Dosa

Kemenangan 2-0 atas Persib Bandung juga terasa istimewa bagi Renan Silva. Playmaker Brasil ini turut andil melalui gol penaltinya pada menit 48.

Gol itu pun seperti penebusan dosa. Saat menjamu Persib di Kediri (28/7/23) lalu, Renan dikenai kartu merah menit 34 dan menyebabkan Persik kalah 1-2.