Liga 1

Gagal Menang Lagi di Liga 1, Arema FC Anggap Tak Dinaungi Dewi Fortuna

Senin, 18 Desember 2023 13:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Arema FC
Arema FC kalah tipis 0-1 saat menyambangi markas Barito Putera pada pekan ke-23 Liga 1, Minggu (17/12/23). Copyright: © MO Arema FC
Arema FC kalah tipis 0-1 saat menyambangi markas Barito Putera pada pekan ke-23 Liga 1, Minggu (17/12/23).

INDOSPORT.COM - Misi poin penuh yanh tengah digaungkan Arema FC gagal lagi, menyusul kekalahan tipis 0-1 saat menyambangi markas Barito Putera pada pekan ke-23 Liga 1 2023/2024.

Gol Amiruddin Bagus Kahfi dari luar kotak penalti pada menit 50, menjadi pembeda hasil akhir dalam laga di Stadion Demang Lehman Martapura, Minggu (17/12/23).

Lagi-lagi, Fernando Valente beralasan bahwa kekalahan timnya karena tak dinaungi dewi fortuna. Lantaran jika mengacu permainan, Arema FC layak menang.

"Kami menyuguhkan permainan menarik dan punya syarat untuk menang. Ada saatnya beruntung dan tidak," ucap pelatih Arema FC itu saat post-match press conferrence.

"Kami punya beberapa peluang yang bagus, tapi tidak jadi gol. Sebaliknya, Barito Putera mungkin hanya punya 2 peluang bagus tapi cetak satu gol," imbuh dia.

Paparan statistik Liga Indonesia Baru relevan dengan opini ayah playmaker Persik Kediri, Ze Valente itu. Arema FC bahkan menguasai permainan hingga 62 persen.

Namun dari 12 kali percobaan, hanya 4 peluang yang mmengara gawang. Sedangkan Barito Putera menciptakan 8 peluang emas dan jadi 1 gol.

Ketiadaan Gustavo Almeida tampak masih menyisakan lubang menganga pada efektivitas lini serang. Gilbert Alvarez sebagai pengganti, masih perlu adaptasi.

Sedangkan pakem permainan di lini tengah sudah lebih klop sejak kehadiran Julian Guevara. Kendati sosok Ariel Lucero membuat Arema FC tak bisa bermain kreatif.

"Sepak bola memang seperti itu. Terkadang ada lini yang tidak bekerja secara efektif. Tapi kekalahan ini adalah realita yang harus dihadapi," jelas Valente.

Belum Menyerah

Kekalahan 0-1 di markas Barito Putera pun membuat Arema FC juga gagal meraih peluang bagus untuk mempersempit jarak dengan tim diatasnya.

Tim berjulukan Singo Edan masih terpaku di urutan 16 klasemen Liga 1 dengan 21 poin, dibawah Persis Solo (25 angka) yang berada di batas aman degradasi.

Kendati demikian, Fernando Valente menyatakan belum menyerah untuk membawa Arema FC mentas dari zona degradasi. Masih ada 11 laga sisa yang bisa dikejar.

"Saya sangat percaya dengan tim ini dan semua pemain. Mereka telah bekerja keras sejauh ini," ungkap pelatih kelahiran Porto, Portugal tersebut.

Meski pada satu sisi, Johan Ahmat Farizi dkk mesti tidak tenang saat menjalani libur panjang kompetisi. Tapi, justru momen ini yang dimaksimalkan untuk berbenah.

"Kami akan kembali usai pergantian tahun dengan semangat yang baru, (bermain) lebih efektif dan lebih konsisten," ungkap Valente.

"Semua orang di tim ini sampai manajemen terus bekerja keras untuk segera mengangkat posisi lebih baik, terhindar dari degradasi," pungkas dia.

Arema FC sendiri baru dijadwalkan bertanding lagi 2 bulan ke depan. Yaitu saat menjamu PSIS Semarang pada laga home (5/2/24) mendatang.