Bola Internasional

Prediksi Puyol dan Materazzi Terkait Juara EURO 2024

Senin, 18 Desember 2023 22:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Legenda Barcelona, Carles Puyol, memamerkan trofi Liga Champions di Beer Hall, Jakarta, Senin (11/3/19). Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Legenda Barcelona, Carles Puyol, memamerkan trofi Liga Champions di Beer Hall, Jakarta, Senin (11/3/19).

INDOSPORT.COM - Dua legenda sepak bola dunia, Carles Puyol dan Marco Materazzi sudah punya tim favorit juara EURO 2024. Hal itu disampaikan saat sesi jumpa dengan awak media, Senin (18/12/23) di Jakarta.

Puyol mengatakan, EURO 2024 akan berjalan sengit karena ada banyak negara dengan pemain yang bagus. Selain Spanyol yang merupakan negara asalnya, eks bek Barcelona itu menyebut tiga negara lain yang bisa tembus semifinal.

Satu negara yang sangat menarik perhatian Puyol adalah Prancis. Tim Ayam Jantan dinilai punya materi yang bagus dan dalam masa generasi emas dengan banyak pemain muda.

“Untuk ajang EURO 2024 ini, saya belum tahu mana yang lebih bagus, tapi saya sependapat dengan Materazzi, ada Prancis yang punya peluang bagus. Ada juga tim-tim yang bisa berpotensi juara seperti Inggris, Jerman, dan sebagainya,” ujarnya.

“Sebelumnya saya lupa sebutkan tim favorit saya adalah Spanyol, lalu ada Jerman, Prancis, dan Inggris. Dan dua tim yang akan ke final menurut saya adalah Spanyol dan Prancis,” imbuhnya.

Sementara itu, Materazzi menyatakan tidak akan mudah bagi negaranya, Italia untuk pertahankan gelar juara EURO. Saingan tahun depan semakin kuat.

Mantan pemain Inter Milan itu memprediksi, Italia, Spanyol, Jerman dan Prancis akan melangkah ke semifinal. 

“Empat negara yang ke semifinal itu Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman. Karena Italia dan Spanyol ada di satu grup, dua-duanya semoga menang di grup, dan nanti maju ke fase gugur, lalu jalannya terpisah, tapi nanti ketemu lagi di semifinal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Materazzi menilai Timnas Italia mungkin memainkan gaya yang berbeda di EURO 2024. Itu karena ada pelatih baru yang tangani Gli Azzurri yakni Luciano Spalletti.

Eks juru taktik Napoli itu gantikan Roberto Mancini yang memutuskan mundur pada Agustus 2023 lalu. 

“Ini hal yang tidak mudah untuk mempertahankan gelar juara ya, mengingat juga ada banyak pemain lama yang sudah tak main lagi seperti Bonucci dan Chiellini, yang sangat menentukan saat Euro 2020 lalu,” tuturnya.

“Sekarang juga pelatihnya baru dan belum pernah ikut Piala Eropa tapi dia sangat baik di liga Italia. Mudah-mudahan masih bisa mempertahankan gelar,” sambung Materazzi.

EURO 2024 dijadwalkan pada 14 Juni sampai 14 Juli 2024 mendatang. Kejuraan dimainkan di Jerman.

Italia dan Spanyol berada dalam satu grup yakni Grup B. Keduanya akan bersaing dengan Albania dan Kroasia. 

“Menurut saya, Prancis tim bagus, dan juga ada tuan rumah Jerman juga favorit. Ada juga Spanyol, jadi Italia, Jerman, Prancis, dan Spanyol, itu calon juara Euro 2024,” tuntas Materazzi. 

Adapun EURO 2024 akan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional yakni dari Grup MNC seperti RCTI, INews dan MNC TV.

“Ini merupakan komitmen MNC Group memberikan tayangan berkualitas dan menghibur khususnya pertandingan sepak bola tingkat Eropa, masyarakat tentu sangat menantikan tayangan ini. Terima kasih atas perhatian dan dukungan pemirsa Indonesia kepada MNC Group,” tutur Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.