Liga 1

Persik Kediri Catatkan Rekor Pertandingan Terlama Liga 1, Berikut Kronologinya

Selasa, 19 Desember 2023 08:17 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persik Kediri bersama PSM Makassar baru saja mencatatkan rekor laga dengan durasi terlama di Liga 1 musim ini. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persik Kediri bersama PSM Makassar baru saja mencatatkan rekor laga dengan durasi terlama di Liga 1 musim ini.

INDOSPORT.COM - Pertandingan pekan ke-23 Liga 1 antara Persik Kediri vs PSM Makassar layak dinobatkan sebagai laga dengan durasi terlama musim ini.

Secara total, kedua tim harus menyelesaikan 3 jam dan 33 menit, hanya untuk merampungkan laga yang seharusnya selesai 90 menit di lapangan hijau.

Padahal, laga yang dipimpin Yudi Nurcahya sebagai wasit itu berjalan datar-datar saja. Dari kick-off pukul 15:00 WIB hingga sepertiga akhir babak kedua berjalan lancar.

Namun, semuanya berubah ketika menit 87, ketika Yudi Nurcahya mengesahkan gol Yuran Fernandes setelah mendapat konfirmasi dari asisten wasit.

Satu menit sebelumnya, bek PSM itu melakukan heading. Namun, Yudi Nurcahya tetap melanjutkan laga karena tak menilai bola melewati garis gawang.

Derasnya protes dari bench PSM membuat keyakinan Yudi goyah. Dia akhirnya menunjuk titik tengah sebagai tanda kick-off atas gol PSM Makassar.

"Seharusnya, wasit berpegang teguh terhadap regulasi. Kalau itu gol, ya disahkan saja jangan ragu," ucap Marcelo Rospide saat post-match press conference.

"Bayangkan saat itu serangan balik kami menjadi gol dari Khanafi. Wasit kemudian membatalkan dan situasi akan semakin gila," tambah pelatih Persik Kediri tersebut.

Setelah terhenti sekitar 1,5 jam, laga pun dilanjutkan dengan skor 0-1. Namun, Jeam Kelly Sroyer mengubah skor menjadi 1-1 dari gol menit 92.

"(Pertandingan) ini cukup gila, tidak bisa dipercaya. Kami harus menunggu laga dilanjutkan hampir 2 jam," tandas pelatih kebangsaan Brasil tersebut.

Kronologi Pertandingan

15:00 Kick-off pertandingan Persik Kediri vs PSM Makassar dimulai.

15:46 Pertandingan memasuki turun minum setelah 1 menit tambahan waktu.

16.01 babak kedua dimulai.

16:40 Yuran Fernandes melakukan heading ke gawang Persik menit 86 tapi laga tetap dilanjutkan.

16.41 Yudi Nurcahya mengesahkan gol PSM menit 87, setelah berdiskusi dengan asisten wasit. Namun, selebrasi pemain PSM memicu emosi suporter.

16.42 Pertandingan dihentikan setelah situasi tak terkendali, akibat suporter di tribun selatan merangsek masuk ke area lapangan.

Perangkat wasit lalu diamankan ke ruang ganti beserta pemain dan ofisial PSM yang juga terlibat ketegangan dengan beberapa suporter yang masuk.

16:50 Petugas keamanan baik polisi maupun TNI mulai memasuki area seatle ban untuk mengamankan potensi kericuhan penonton.

18:18 Pemain PSM beserta perangkat mulai memasuki lapangan, melakukan pemanasan untuk bersiap melanjutkan pertandingan yang tersisa 3 menit.

18:22 Pertandingan dilanjutkan pada menit 87 dengan skor 0-1 untuk PSM, serta perpanjangan waktu selama 6 menit.

18.33 Pertandingan dinyatakan selesai dengan skor imbang 1-1 setelah Persik mencetak gol dari Jeam Kelly Sroyer menit 92.

Suporter Persik Kediri yang masih bertahan berlaku tertib sejak laga dilanjutkan hingga dinyatakan selesai.