x

Lima Pemain Kunci Amerika Serikat Vs Portugal

Sabtu, 21 Juni 2014 09:39 WIB
Editor: Raditya Adi Nugraha

Takluk secara mengenaskan 0-4 dari Jerman jelas menghancurkan hati Cristiano Ronaldo. Beban berat yang dipikul Ronaldo berimbas pada kondisi lututnya.

Rekan-rekannya di Portugal menyadari kesalahan bahwa citra one man show team tidak berlaku di Piala Dunia Brasil 2014.

Maka laga Kontra Amerika Serikat akan dijadikan Portugal sebagai tolak ukur lolos atau tidaknya mereka ke babak selanjutnya.

Sementara bagi tim asuhan Jurgen Klinsmann, bermain total selama 90 menit menjadi kekuatan tersendiri meski tak memiliki pemain bintang.

Inilah deretan lima pemain yang akan menentukan langkah kedua tim meraih satu tiket ke babak 16 besar.


1. TIM HOWARD, AMERIKA SERIKAT, PENJAGA GAWANG

Tim Howard memperlihatkan kelasnya sebagai salah satu penjaga gawang nomor satu saat melawan Ghana. Namun ujian sesungguhnya baru dimulai ketika ia akan menghadapi Portugal.

Jika kiper Everton ini bisa melakukan satu atau dua penyelamatan gemilang kontra A Seleccao nanti, maka ujian terakhir melawan Jerman akan lebih mudah dilalui.


2. JOAO MOUTINHO, PORTUGAL, GELANDANG

Playmaker cerdas ini memiliki peran yang penting untuk menyokong Cristiano Ronaldo. Moutinho yang membela AS Monaco adalah orang yang pertama kali membangun serangan di tengah. Di laga kontra Jerman, Moutinho melepaskan rataan passing sebanyak 79,3%.

Kejelasan visi dan beragam trik pemain berusia 27 tahun ini diperlukan Portugal untuk mengeksploitasi lini belakang Amerika Serikat.


3. MICHAEL BRADLEY, AMERIKA SERIKAT, GELANDANG

Bradley adalah gelandang pekerja keras. Namun mantan gelandang AS Roma ini belum menunjukkan permainan terbaiknya saat turun melawan Ghana di laga perdana.

Pergerakan pemain yang pernah bermain untuk Aston Villa ini kerap mengejutkan lawan terutama saat bola-bola mati.


4. CRISTIANO RONALDO, PORTUGAL, PENYERANG

Tahun 2014 bisa dibilang sebagai tahunnya Cristiano Ronaldo. Meraih penghargaan Ballon d'Or, membawa Real Madrid meraih gelar La Decima hingga membawa Portugal lolos ke Piala Dunia.

Sempat terancam karirnya akan habis jika tak mengistirahatkan lututnya, CR7 dengan lantang menjawab "Sayalah tuan atas diri sendiri."


5. CLINT DEMPSEY, AMERIKA SERIKAT, PENYERANG

Dempsey akan menjalani peran yang lebih besar di partai kontra Portugal. Sebab Dempsey yang hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk membobol gawang Ghana, hanya menjadi petarung tunggal mengingat kondisi Jozy Altidore yang cedera.

Tak hanya berperan sebagai goal getter, Dempsey juga bisa berperan sebagai motor di lapangan tengah The Yanks.

Piala Dunia Brasil 2014Cristiano RonaldoPortugalAmerika SerikatClint Dempsey

Berita Terkini