x

Deretan Pemain ini Pernah Menolak Barcelona

Sabtu, 13 Desember 2014 15:31 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Brian Yosef
David Luiz (kanan), Cristiano Ronaldo (tengah kanan), Gianluigi Buffon (tengah kiri) dan Koke

Barcelona dikenal memiliki sekolah akademi sepabola yang dikenal dengan sebutan La Masia. Tidak sedikit mereka melahirkan pemain yang berbakat hingga menjadi andalan dalam skuad senior.

Nama-nama seperti, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Lionel Messi, dan Andres Iniesta adalah pemain hasil didikan La Masia yang mampu menjadi tumpuan klub.

Selain mampu melahirkan pemain berbakat, mereka juga tidak jarang mampu mendatangkan pemain yang berpotensi menjadi bintang atau sudah memiliki nama besar di klub sebelumnya.

Rasanya setiap pemain yang diberikan tawaran oleh El Barca tidak perlu berpikir panjang untuk bergabung dengan klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Bagaimana tidak, Blaugrana setiap musimnya berpotensi untuk mendapatkan gelar juara. Namun, ternyata ada beberapa pemain yang menolak untuk bergabung dengan klub yang berbasis di Catalonia tersebut.

Siapa sajakah mereka yang pernah menolak Barcelona? Berikut ini INDOSPORT akan menyajikan rangkumnya, Sabtu (13/12/14).


1. Ayoze Perez

Ayoze Perez (Newcastle United)

Nama Ayoze Perez tampaknya masih asing terdengar dalam dunia sepakbola. Pemain yang masih berusia 21 tahun ini merupakan pemain didikan dari klub divisi Segunda Spanyol, Tenerive. Pada musim lalu dirinya berhasil mencetak 17 gol dalam 50 pertandingan, sebuah catatan gol yang cukup mengesankan di usianya yang masih tergolong muda.

Hal inilah yang menjadi daya tarik Barcelona dan Real Madrid untuk mendatangkan pemain asli Spanyol tersebut untuk bergabung pada musim ini. Namun siapa yang sangka, Ayoze Perez lebih memilih bergabung dengan klub papan tengah Liga Inggris, Newcastle United.

Alasan Ayoze memilih menolak duo raksasa Spanyol tersebut adalah karena pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut lebih menyukai tantangan untuk berkompetisi di Liga Inggris.


2. Harry Kewell

Harry Kewell (Liverpool)

Pemain yang mampu bemain sebagai playmaker atau striker ini pernah memikat banyak klub-klub besar. Pada akhirnya, Harry Kewell lebih memilih untuk bermain untuk Liverpool. Saat bermain untuk Liverpool, dirinya terus mengalami peningkatan dan telah memasuki masa keemasannya.

Dirinya juga pernah berujar ingin membuka peluang untuk bermain di Liga Italia atau Spanyol. Situasi inilah yang membuat Barcelona membuka tawaran untuknya. Namun siapa sangka, Kewell tidak rela meninggalkan The Reds dan dirinya tidak segan untuk menolak bergabung bersama Barcelona.


3. David Luiz

David Luiz (PSG)

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini terkenal dengan rambut keritingnya. Kemampuannya yang mampu menahan serangan lawan, membuat para penyerang lawan menjadi kesulitan menembus kotak penalti Chelsea.

Luiz menolak bergabung dengan Barcelona karena  ingin menghormati kontraknya di Chelsea hingga Juni 2017. Namun siapa yang sangka pemain asli Brasil ini bergabung dengan Paris Saint-Gemain karena dibujuk oleh rekan senegaranya, Thiago Silva.


4. Koke

Koke (Atletico Madrid)

Koke bermain untuk Atletico Madrid sejak usianya masih 4 tahun. Sekarang dirinya sudah berhasil menjadi pilihan utama tim besutan Diego Simeone. Puncak kariernya terjadi pada musim lalu, ketika pemain yang bernama lengkap Jorge Resurreccion Merodio ini membawa timnya menjadi juara La Liga dan menjadi finalis Liga Champions.

Atas penampilannya tersebut membuat Barca kepincut dan melayangkan tawaran. Awalnya Koke mengaku senang diminati oleh Barcelona, namun dirinya mengaku tidak dapat meninggalkan Atletico Madrid yang dianggapnya sebagai rumahnya sendiri.


5. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand (Queens Park Rangers)

Bek tengah asal Inggris ini sudah meredup dan dianggap sudah mengalami penurunan performa karena termakan usia. Rio Ferdinand pernah disegani tim lawan dengan duetnya bersama Nemanja Vidic saat masih berseragam Manchester United.

Pada masa jayanya, Ferdinand pernah ditawari oleh Real Madrid dan Barcelona. Namun pemain yang kini bermain untuk Queens Park Rangers itu menolaknya dengan alasan kalau dirinya lebih bahagia bermain untuk The Red Devils dan mengklaim telah mendapatkan segalanya.


6. Thiago Silva

Thiago Silva (PSG)

Bek tangguh asal Brasil ini sebelumnya pernah memperkuat klub AC Milan. Bersama Milan, Thiago Silva sempat dinilai sebagai bek terbaik di Liga Italia bahkan dunia.

Atas penampilannya tersebut, Barcelona melayangkan tawaran kepadanya untuk bergabung sekaligus diproyeksikan untuk menggantikan peran kapten Carles Puyol yang saat itu sudah rentan cedera.

Namun Silva menolaknya dan memilih bergabung dengan Paris Saint-Germain. Hal ini tidak lepas dari iming-iming gaji besar yang ditawarkan oleh PSG.


7. Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero (Juventus)

Nama Alessandro Del Piero rasanya identik dengan Juventus. Selama 19 tahun penyerang asal Italia tersebut menjalani suka dan duka bersama klub yang berjuluk si Nyonya Tua itu.

Termasuk saat Juventus pernah terkena sanksi turun kasta ke Serie-B. Barcelona ingin memanfaatkan situasi itu dengan melayangkan tawaran untuk bergabung ke Camp Nou. Del Piero menolaknya lantaran dirinya masih mencintai klub asal kota Turin itu.


8. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (Juventus)

Sama halnya dengan Alessandro del Piero, Barcelona juga pernah membuka peluang untuk Gianluigi Buffon bergabung dengan mereka saat Juventus turun ke Serie-B.

Sayangnya Buffon juga mengaku ingin tetap setia dengan Juventus dan menolak untuk bermain di klub lain, termasuk bermain di Liga Spanyol.


9. Alfredo di Stefano

Alfredo di Stefano

Alfredo di Stefano merupakan pemain besar yang dimiliki oleh Real Madrid, meski berbagai rekornya sudah dikalahkan oleh Raul Gonzalez. Nama Di Stefano tetap menjadi legenda untuk Madrid.

Barcelona tidak segan melayangkan tawaran untuk pindah ke Blaugrana dan tentu saja tawaran ini ditolak Di Stefano lantaran ingin menghormati klub yang dibelanya tersebut.


10. Cristano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Mantan pelatih legenda Manchester United, Sir Alex Fergusson, tampaknya tidak menyukai Real Madrid. Bagaimana tidak? Pemain binaannya banyak yang diboyong mereka saat berada di puncak karier.

Sebut saja seperti, David Beckham, Gabriel Heinze, dan Ruud van Nistelrooy, berhasil tergoda untuk bermain di Santiago Bernabeu. Lalu yang paling terakhir adalah Cristiano Ronaldo.

Sir Alex sebenarnya lebih rela melepaskannya ke Barcelona yang juga dikabarkan sempat memberikan tawaran, namun ternyata sang bintang Portugal mengaku dirinya lebih menyukai bermain untuk Real Madrid dan menolak mengenakan seragam Blaugrana.

Real MadridAtletico MadridCristiano RonaldoThiago SilvaBarcelonaParis Saint-GermainJuventusDavid LuizAlfredo Di StefanoGianluigi BuffonNewcastle UnitedRio FerdinandAlessandro Del PieroKokeQueens Park Rangers

Berita Terkini